Tempat Wisata Bukit Cambai, Spot Terbaik untuk Pemandangan Danau Atas Bawah

Peresmian destinasi oleh gubernur Sumbar. photo.pasbana
Menikmati empat danau dan empat gunung sekaligus bisa Anda rasakan jika mengunjungi Bukit Cambai, di Kabupaten Solok. Ketiga danau tersebut adalah Danau Singkarak Atas, Bawah, dan Bagian Talang. Sedangkan 4 gunung yang bisa dinikmati keindahan alamnya dari atas bukit adalah gunung Kerinci, Merapi, Talang, dan Singgalang. 

Saat ini kawasan wisata di Kabupaten Solok menjadi fokus pemerintah dengan menggiatkan kawasan ini sebagai kawasan pariwisata Sumatera Barat.  Di Kabupaten Solok terdapat destinasi wisata yang tidak kalah keren dengan daerah lainnya di Indonesia. Bahkan saat ini destinasi wisata yang terdapat di Kabupaten Solok menjadi pusat perhatian dan menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang terkenal karena keindahan alamnya adalah Bukit Cambai

Keindahan Mempesona Bukit Cambai
Bukit Cambai terletak di puncak bukit di Kecamatan Lembah Gumati dan Kecamatan Danau Kembar. Tepatnya di kawasan Nagari Simpang Tanjung Nan IV, kecamatan Danau Kembar di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. 

Karena kepopulerannya, bukit ini menjadi ikon di kawasan wisata Danau Kembar. Hal ini karena pemandangan yang disajikan dari puncak bukit sangat mempesona. Keindahannya semakin lengkap dengan sajian pemandangan 4 gunung dan 3 danau sekaligus dari atas bukit. Selain itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan hamparan sawah, ladang yang hijau, dan rumah-rumah pemukiman penduduk dua kecamatan bisa terlihat begitu jelas.

Jika tidak ada kabut, pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Singkarak dari kejauhan. Selain menikmati keindahan danau, pengunjung dapat sekaligus menikmati keelokan dan pesona gunung Merapi, Talang dan Singgalang. Jika tidak sedang berkabut, pengunjung bisa menikmati puncak gunung Kerinci. 

Pemandangan semakin cantik dengan hamparan ribuan rumah penduduk yang dikelilingi ladang. Dari atas bukit pengunjung bisa menikmati matahari terbenam dan terbit. Tepat di kaki bukit, terdapat central park yang disiapkan sebagai area camping. Sedangkan di bagian belakang pengunjung bisa melihat jalan hingga kepuncak. Sedangkan di bagian depan terbentang keindahan landskap Danau Kembar. 

Menuju Lokasi Bukit
Menuju ke destinasi wisata bukit cambai ini, diperlukan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Sesampainya ke puncak Cambai, pengunjung harus jalan kaki atau mengendarai kendaraan khusus, seperti motor trail. Jarak tempuh dari Simpang Talago Jorong, Nagari Sungainanam, Kecamatan Lembah Gomatri hingga di Panorama Cambai Jorong Aie Rakrak Utara Nagari Kampung Batu Dalam di Kecamatan Danau Kembar menghabiskan waktu kurang lebih 3 km atau sekitar 25 menit. Kawasan wisata ini cocok untuk wisata trekking yang tidak begitu sulit, ditambah udara sejuk membuat pikiran dan tubuh lebih segar. 
Panorama Bukit Cambai. photo. infosumbar

Dari gerbang Bukit, terdapat jalur pejalan kaki yang sudah disemen. Panjangnya sekitar 500 meter dan sudah dilengkapi 4 unit rest area. Selebihnya pengunjung akan menyusuri jalan dengan kerikil dan bebatuan tajam. Sudut kemiringan pendakian mencapai 45 – 45 derajat. Cukup menguras energi. 

Namun rasa penat dan lelah tersebut akan segera terobati dengan menyaksikan pemandangan yang begitu eksotis dan mempesona. Dari sisi bagian kiri menara yang tingginya 6 meter di puncak, terhampar danau yang nyaris semua sudut bisa dinikamati. Persis di bagian depan menara, pengunjung dapat melihat pemandangan danau di bawah dan di atasnya terlihat danau talang.

Menikmati keindahan alam menjadi salah satu solusi melepaskan penat setelah melakukan rutinitas sehari-hari. Jika Anda sudah sampai ke lokasi Bukit Cambai jangan sampai lewatkan kesempatan berfoto untuk kenang-kenangan. By.Pelangi Holiday

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.