Tempat Wisata Rumah Pohon Puncak Gobah Aripan Solok, Surganya Paralayang

Pemandangan dari Puncak Gobah Aripan
Pemandangan dari Puncak Gobah Aripan
Sumatera sebagai salah satu kepulauan di Indonesia menyimpan sejuta pesona keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi, seperti puncak Ahad Sadin, Puncak Gobah, Puncak Gagoan, Puncak Mob Guguak Sarai dan  Puncak Pulau. Semua puncak tersebut menjadi tujuan destinasi wisata yang saat ini menjadi perhatian banyak orang, terutama traveler. Dalam artikel ini kita akan membahas keindahan alam rumah pohon puncak gobah. Simak ulasannya berikut ini.

Keindahan Pemandangan dari Atas Rumah Pohon
Destinasi wisata rumah pohon puncak gobah merupakan salah satu tawaran wisata yang sangat unik dan menarik untuk diapresiasi di Sumatera. Tidak sedikit pengunjung dari luar kota bahkan wisatawan luar negeri yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan traveling. Destinasi wisata yang satu ini bisa dibilang masih baru, namun cukup populer terutama di kalangan traveler. Puncak Gombah terletak di Nagari Aripan Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Jika dari kota Solok menuju lokasi jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 20 km. 

Awalnya bukit ini sepi, namun kemudian dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat setempat menjadi destinasi wisata seperti sekarang ini. Puncak Gobah tidak hanya sekedar trakking saja, namun menawarkan panorama keindahan danau, pemandangan sekitar dengan warna hijau dan rumah pohon.

Keberadaan rumah pohon ini menjadi daya tarik tersendiri di kawasan ini. Suasananya yang masih alami, dingin dan sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama. Rumah-rumah pohon tersebut berada di batang pohon dengan ketinggian kurang lebih 10 meter dari permukaan tanah. Anak tangga menuju rumah pohon terbuat dari kayu dan tersusun dengan rapi.
surga paralayang di puncak gobah aripan
surga paralayang di puncak gobah aripan

Di sekeliling danau terdapat hamparan bukit-bukit, seolah menjadi dinding pelindung. Kawasan ini tidak hanya menjadi tempat rekreasi saja namun terkenal sebagai tempat olahraga praralang. Selain itu, tidak sedikit pengunjung yang datang ke Puncak untuk melakukan ziarah. Saat berada dikawasan wisata ini, pengunjung bisa menyaksikan olahraga motorcros dan wahana flying fox. Selain itu di kawasan ini terdapat wahana permainan anak. Tidak ketinggalan, berbagai aneka kuliner khas daerah bisa Anda temukan di sini. 

Potensi Alam Lainnya
Kebanyakan pengunjung yang datang adalah anak-anak muda, menjadikan tempat ini sebagai latar belakang berfoto selfie ria yang kemudian diupload di media sosial. Karena itu pulalah keindahan dan keunikan destinasi wisata ini mulai dikenal publik lebih luas. Umumnya pengunjung datang pada saat-saat liburan, mereka berkunjung sekedar santai atau menikmati pemandangan Danau Singkarak dari kejauhan.

Danau tersebut cukup penting bagi penduduk yang tinggal di daerah sekitarnya karena di danau ini terdapat ikan yang tidak ditemukan di danau lain di Indonesia, yaitu ikan bilih. Olahan makanan dari ikan tersebut menjadi makanan khas di daerah Solok maupun di Tanah Datar. 

Walaupun sudah sangat populer di kalangan masyarakat/penduduk setempat, namun wisatawan dari luar daerah banyak yang belum mengetahuinya. Padahal sayang sekali jika dilewatkan karena pemandangannya sangat mengagumkan.

Jika Anda mengunjungi destinasi wisata ini, hanya perlu membayar biaya parkir saja. Dari tempat parkir menuju lokasi harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan mendaki jalan setapak. Rasa lelah akan segera terobati setelah menikmati keindahan pemandangannya, terutama saat merasakan sensasi duduk di rumah pohon puncak gobah. Jadi, jangan lewatkan berlibur bersama keluarga atau kawan-kawan yang ingin menjauh dari hiruk pikuk kota.

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.