Mau Tau Tempat Wisata yang Lagi Ngetren Tahun 2016 Ini Dia Danau Biru Sawahlunto

Bagi Anda yang ingin mencari tempat liburan yang tenang, jauh dari kebisingan kota dengan pemandangan yang indah di Sumatera Barat, bisa pilih Danau Biru Sawahlunto. 

Menikmati Pesona Keindahan Alam di Sawahlunto
Seperti namanya, Danau Biru atau sering disebut Tamosu ini warnanya benar-benar biru. Tempat wisata yang sangat eksotis ini bisa dibilang belum terjamah masih membawa pesona alam yang alami.
 
Dahulunya Sawahlunto merupakan kawasan penghasil batu bara di Kepulauan Sumatera.
Team Survei Pelangi Holiday ke danau biru
Team Survei Pelangi Holiday
Jika dilihat dari atas Kota Sawahlunto bentuknya seperti sebuah kuali. Danau Biru Sawahlunto terletak di daerah Parambahan, tepat berada di lingkungan bekas proyek pertambangan batu bara. 

Destinasi wisata ini menyajikan pemandangan yang unik dan indah dengan paduan tebing-tebing batu dengan pepohonan berwarna hijau. Danau ini adalah danau yang tidak sengaja terbentuk, bahkan penduduk setempat mengatakan “antah dari ma se datang aia nyo” artinya entah dari mana datang airnya. 

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bahwa danau ini merupakan suatu cekungan dari bekas galian tambang batu bara. Kawasan yang dulunya gersang dan kering ini lama kelamaan menjadi danau yang kecil dan indah tempat wisata ngetren di tahun 2016. Menurut warga setempat, setelah kawasan tidak digunakan lagi sebagai pertambangan pada tahun 1998 air resapan mulai masuk dan lama kelamaan menjadi danau.
 
Sebelumnya sumber ekonomi Sawahlunto mengandalkan dari pertambangan batu bara, lalu seiring berjalannya waktu dan semakin minim persediaan batu bara kemudian daerah ini di sulap menjadi destinasi wisata yang menarik membuat siapapun yang datang terpesona dengan keindahan alamnya. Sawahlunto memang terkenal dengan berbagai destinasi wisata sejarah sawahlunto dengan keindahan alamnya. Destinasi wisata yang ada mulai dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah dan Dinas Pariwisata. 

Jalur Menuju Danau
Danau Sawahlunto terbentuk dari bekas areal galian tambang. Dari Kota Sawahlunto menuju Danau Biru menempuh jarak sekitar 13 kilometer. Untuk mencapai lokasi,
Danau Biru Tamosa di Sawahlunto
Danau Biru Tamosa di Sawahlunto
pengunjung harus ke Taman Satwa Kandi terlebih dahulu, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri daerah area tambang dengan kondisi tanah bebatuan. Jarak dari Taman Satwa Kandi menuju ke lokasi danau sekitar 6 km. 

Dikarenakan berada di kawasan bekas tambang, jika Anda tertarik menikmati keindahan di kawasan wisata pastikan tubuh dalam keadaan sehat dan bugar karena kondisi jalanan menuju ke lokasi lumayan cukup menantang. Pengunjung disarankan menggunakan kendaraan khusus, motor atau mobil yang cukup tangguh. Karena kondisi jalan menuju lokasi banyak bebatuan yang lumayan tajam, penuh tantangan. Terutama selepas dari Simpang Napar. 

Sedikit tips, jika Anda mengunjungi lokasi sebaiknya menjaga jarak karena di lokasi terdapat jurang-jurang yang curam ditambah tanahnya licin. Jika Anda dari luar daerah dan masih bingung menuju kesana, tidak ada salahnya menanyakan kepada penduduk setempat atau menyewa jasa penyewaan mobil sekaligus supir, agar bisa lebih menikmati perjalanan. 
 
Selain kawasan wisata mandeh yang menjadi lebih populer di media sosial, Destinasi Danau Biru mulai mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Sawahlunto. Banyak masyarakat setempat dan pengunjung yang foto selfie dengan latar belakang hamparan danau berwarna biru. Sekarang, danau yang disebut juga Danau Bacan ini mulai dikembangkan dan melibatkan masyarakat setempat. 

Saat ini jumlah pengunjung ke destinasi wisata ini semakin meningkat, bahkan kesulitan dan tantangan menuju lokasi bukanlah masalah. Dengan semangat pengunjung ingin segera sampai ke lokasi. Dan setelah sesampainya di sana rasa lelah akan terobati pada waktu mata memandang bukit-bukit berwana hijau dan hamparan danau Biru yang sangat mempesona." Pelangi Holiday"

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.