Motif Kain Tua dan Sungayang Pilihan Terbaik Jika Kamu Belanja Songket Pandai Sikek!

Songket Dari Desa Pandai Sikek sangat diminati, karena tenunannya yang indah, dan banyak pilihan motif dengan harga relatif terjangkau

Desa Pandai Sikek, Paling Diminati Wisatawan Untuk Berburu Oleh-oleh Songket Asli Dari Minangkabau

Selain songket Silungkang yang sudah terkenal hingga mancanegara, Sumatera Barat juga memiliki gudang songket yang tak kalah menarik, yaitu songket Pandai Sikek yang hanya ada di Desa Pandai Sikek Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Hasil karya wanita hebat daerah ini, selalu diincar para wisatawan, karena kualitasnya yang sangat bagus dan original dengan desain terbatas.

Desa Pandai Sikek memang sudah terkenal sejak lama sebagai sentra songket, selain itu hasil tenun dari desa ini juga jadi salah satu yang terbaik di Indonesia, bahkan kebanggaan tersebut diapresiasi melalui foto tenun Pandai Sikek pada lembaran uang Rp5000 pada tahun 1990-an silam. Tak pelak, wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh khas yang tak bisa dijumpai di daerah lain, akan menyempatkan membeli beberapa helai kain ini.

Motif songket pandai sikek
Motif Terbaik Songket Pandai Sikek Yang Di Apresiasi Dunia
Ketika Anda mengunjungi desa ini, hampir di setiap rumah akan terlihat songket-songket indah yang berjejer di halaman. Mereka bukan menjemurnya, namun sedang berupaya menarik perhatian Anda untuk membelinya. Sebab bisa dipastikan motifnya beda dari daerah lain, karena diambil dari songket terbaik Minangkabau tempo dulu. Apa saja motif terbaiknya?


- Motif Kain Tua
Sejumlah motif kain tua yang pada masa lalu hanya dipakai oleh wanita penting Minangkabau pada acara-acara Adat bisa Anda pesan, seperti cukie barantai, cukie bakaluak, cukie bungo tanjung, cukie kaluak paku,cukie ulek sipadiah,cukie basisiak batang pinang, bareh randang, hingga cukie pucuak rabuang bungo sikakau. Motif ini sangat indah, apalagi setelah diaplikasikan pada kain tenun songket berkualitas, ketika mengenakannya kesan mewah akan langsung terpancar.

- Sungayang
Motif Sungayang lebih penuh pada semua areal kain tenun dengan pilihan Buah Palo, Cukie Baserak,Simasam, Kunang-Kunang, Salapah, Saik kalamai, barantai putiah, dan masih banyak pilihan lain. Anda bisa langsung menanyakan pada pengrajin, dan mereka siap memperlihatkan contohnya untuk Anda. Pastinya satu helai tak akan cukup bagi Anda untuk di bawa pulang, karena banyak pilihan yang akan membuat Anda bingung.

Untuk mendapatkan satu helai kain songket Pandai Sikek sesuai orderan Anda, memang dibutuhkan beberapa hari hingga minggu untuk menyelesaikannya, tergantung jenos motif, serta bahan yang digunakan. Memang, banyak orang yang langsung membeli ketika datang, karena tak punya cukup waktu untuk menunggu. Tapi jika Anda ingin mendapatkan songket sesuai keinginan, bisa berkoordinasi dengan pengrajin, dengan sistem jual beli sesuai kesepakatan, apakah dikirim langsung ke alamat Anda, atau dengan cara lain, sebab para pengrajin sangat fleksibel dalam hal orderan, karena mereka sangat mengutamakan kualitas songket.

cara buat songket pandai sikek
Yuk Belajar Membuat Songket Pandai Sikek
Selain memesan songket berkualitas di Desa Pandai Sikek, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuatnya, akan diberikan waktu kursus kilat dari sejumlah pengrajin. Paling tidak Anda bisa merasakan betapa telitinya para pengrajin dalam membuat sebuah songket di depan alat khusus pembuatannya yang terdiri dari panta, gulungan, sisia, dan pancukia tersebut. mereka bisa betah berjam-jam sehari untuk menuntaskan sebuah songket istimewa, yang tentunya dibuat sepenuh hati untuk para wisatawan.

Jadi pastikan Anda membawa pulang kain songket Pandai Sikek sebagai oleh-oleh bagi keluarga dirumah, usai berpetualang di Sumatera Barat. Jika Anda ingin kain songket untuk keperluan lain, semisal untuk membuat tas, topi, hingga perlengkapan rumah tangga, juga bisa dipesan kepada pengrajin, karena mereka siap merealisasikan semua keinginan Anda.

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.