Istana Pagaruyung Bukti Sejarah Kerajaan Minangkabau

Istana pagaruyung di batusangkar tanah datar
Istana Pagaruyung bukti sejarah kerajaan di Minangkabau lengkap dengan peninggalan dari setiap unsur kehidupan masyarakatnya.

Istana Pagaruyung Batusangkar

Buat Anda pencinta travelling dan wisata sejarah batusangkar, sepertinya wajib meluangkan waktu untuk berkunjung ke Sumatera Barat, tepatnya Kecamatan Tanjung Emas Kota Batusangkar. Disana, terdapat bukti sejarah kemasyuran kerajaan Minangkabau beberapa abad yang lalu, yaitu Istana Pagaruyung, yang dulu merupakan rumah kediaman Raja Alam Minangkabau sekaligus pusat pemerintahannya.

Untuk menjangkaunya tak perlu jauh-jauh, hanya berjarak 5 km dari pusat Kota Batusangkar, atau 105 km dari Bandara Internasional Minangkabau. Andapun dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat, karena sarana jalan menuju lokasi sudah sangat mulus dan lancar. Tinggal siapkan saja uang karcis dan parkir setibanya di lokasi yang berdiri di atas lahan puluhan hektar ini.

Sisa Peninggalan Istana Pagaruyung Yang Kaya Makna
Istana Pagaruyung ini merupakan replika dari istana asli yang telah terbakar dan hancur saat peperangan masyarakat Minang melawan penjajah di tahun 1804. Bahkan sampai sekarang tercatat sudah terjadi dua kali kebakaran hebat yang meluluh lantakkannya, yaitu tahun 1966 dan 2007. Tak ayal, peninggalan yang tersisa semakin menipis, namun tak akan mengurangi gezahnya sebagai bukti konkrit. Apa saja peninggalan yang tersisa?
Bangunan Khas Minang Kabau
Bangunan istana pagaruyung berbentuk rumah gadang yang merupakan rumah khas Minangkabau. Terdiri dari 11 gonjong, 72 tonggak, dan memiliki tiga lantai, sama persis dengan bangunan aslinya yang dulu terletak sekitar 2 km arah selatan bangunan ini. Semua dinding berisi ukiran khas Minang, yang punya arti sesuai fisafah orang Minang. Mata Anda akan sangat dimanjakan dengan keunikan bangunan ini, apalagi tiang peyangganya dibuat miring dengan alasan untuk lebih kuat menyangga bangunan.

Memasuki bagian dalam, Anda seolah dibuat kembali merasakan nuansa kental Minang zaman dulu. Ada singgasana atau pelaminan Bundo Kanduang atau istri raja, lalu kamar yang penuh hiasan ornamen khas yang digunakan untuk para putri raja yang sudah menikah, lalu ada ruangan Anjungan Babandiang yang biasanya jadi tempat raja dan petinggi kerajaan berunding tentang kondisi pemerintahan dan menyusun strategi perang. Serta beberapa ruang pendukung yang sangat unik dan akan membuat Anda berdecak kagum, seperti anjuang perak, pincuran tujuah, sampai tabuah larangan yang punya sejarahnya masing-masing dan menanti untuk Anda kenali lebih dekat.
Taman Istana Pagaruyung
Di bagian luar bangunan terdapat taman yang luas, dari sana Anda bisa melihat pemandangan alam luar biasa, dari pegunungan dan hutan. Lalu ada bangunan pendukung Istana Pagaruyung  yaitu rangkiang, yang dulunya berfungsi sebagai tempat menyimpan padi hasil panen. Jika Anda membawa keluarga, Anda bisa menemukan spot fotografi yang memukau dengan view istana yang megah. Anda juga akan diberi kesempatan mengitari bangunan dengan menunggangi kuda, atau sekadar berfoto bersama badut-badut yang mencirikan binatang khas Minang Kabau.

Sangat menarik dan mengagumkan bukan? Jangan sampai tidak mampir ke Istana Pagaruyung  jika Anda mudik ke Minangkabau. Karena banyak pengalaman dan kisah menarik yang akan Anda dapatkan selama perjalanan, dan semuanya akan jadi kenangan indah tak terlupakan bagi Anda. Sampai jumpa di Ranah Minang.

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.