Minang Village Pusat Dokumentasi Kebudayaan Minangkabau

Minang Village lokasi yang sarat akan informasi tentang kebudayaan Minang Kabau lengkap dengan berbagai dokumentasi penting.

Minang Village pusat dokumentasi dan informasi kebudayaan Minang Kabau

Tahukah Anda kalau Minang Kabau kaya akan kebudayaan? Sebut saja silat, kuliner, ukiran hingga petatah petitih yang unik dan tak akan Anda jumpai di daerah lain. Kalau Anda penasaran, tak perlu kunjungi semua daerahnya yang terdiri dari 12 Kabupaten dan 7 kota itu, cukup datang saja ke lokasi wisata minang village, disana Anda dapat memenuhi rasa ingin tahu Anda akan informasi Minang Kabau secara tuntas. Sehingga tak salah kalau diberi julukan “taman mini” Sumatera Barat.

Koleksi Lengkap Dan Akurat Minang Village

Kalau Anda mau ke objek wisata yang terletak di Kota Padang Panjang sekitar 60 kilometer dari Kota Padang ini, tak sulit kok, mau dengan sepeda motor, angkutan umum, apalagi kendaraan pribadi bisa mencapainya dengan mudah, karena terdapat di jalan utama, tepatnya di Jalan Sutah Syahrir Kota Padang Panjang. Kini koleksi dokumentasi dan informasinya sudah semakin lengkap, terdiri dari foto, video, sampai perlengkapan para pejuang dan masyarakat tempo dulu yang berhasil menjaga eksistenti Minang Kabau di Indonesia. Penasaran seperti apa tempatnya?


Museum Minang Village padang panjang
Bangunan Unik
Objek wisata minang village yang juga menjadi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) ini, terdiri dari satu bangunan utama berbentuk rumah panggung yang biasa disebut rumah gadang yang merupakan rumah adat orang Minangkabau, dengan ciri khas bagonjong di bagian atap, serta ukiran kayu khas pengrajin Minang. Di bagian depan rumah, terdapat rumah kecil yang disebut rangkiang, dahulu berfungsi sebagai lumbung padi, atau tempat menyimpan padi hasil panen, yang akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Anda akan dibuat takjub dengan arsitektur rumah kayu ini, karena sangat sederhana tapi kaya makna di setiap sudutnya.


poto sejarah dan barang antik minangkabau di minang village
• Koleksi Antik
Dibilang antik karena koleksinya terdiri dari beragam jenis yang mungkin tidak ada di museum lain. Masing-masing punya nilai sejarah sendiri, seperti alat kesenian tradisional, perlengkapan pertanian dari masa ke masa, foto yang menggambarkan sejarah Minangkabau, yang seolah membawa Anda kembali ke masa lalu dan menjadi paham bagaimana perjuangan dan cara orang Minang bergaul hingga bertahan hidup. Bahkan beberapa diantara koleksi tersebut didatangkan langsung dari negeri Belanda yang dahulu sempat menjajah Indonesia dalam waktu yang sangat lama. 


sewa pakaian adat minangkabau di minang village
Baju Adat Minang Kabau
Untuk melengkapi perjalanan wisata sejarah Anda di minang village, maka Anda bisa mengabadikannya dengan mengenakan pakaian Adat Minangkabau yang tersedia disini. Tinggal sewa dengan harga murah, dan Anda tinggal berpose sesuka hati di pelaminan Minang yang terkenal akan keindahan dan tingkat kesulitan tinggi untuk merangkainya tersebut. Hasilnya luar biasa menakjubkan.

Setelah menelusuri perkampungan minang, Anda pasti punya tambahan wawasan dan ilmu tentang Minang Kabau. Semua itu bukan hanya jadi kenangan, namun dapat membangkitkan semangat untuk lebih menghargai kebudayaan Indonesia terutama Minang Kabau, yang sangat mencengangkan. Jadi tak usah susah payah mencari literature dari banyak tempat, cukup ke minang village saja. Sampai jumpa dan semoga perjalanan Anda menyenangkan.

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.