Indahnya Pulau Sawo di Koto Tangah Yang Alami

Pulau Sawo adalah pulau non urban yang masih alami dan memiliki potensi sebagai tempat pariwisata karena memiliki flora dan fauna yang beragam jenisnya.

Pulau Sawo Beragam Flora, Fauna, dan Hutan yang Masih Alami
Pulau Sawo berlokasi di Kecamatan Koto Tangah. Pulau  yang merupakan non urban dengan luas sekitar 4,6 Ha. Pulau ini terletak di utara Kota Padang. Jarak pulau ini dengan Pasie Jambak 2,2 km dan butuh waktu sekitar 10 menit jika ditempuh menggunakan perahu nelayan. Pulau ini konturnya datar yaitu 0-5% permukaan laut. Bagian luar pantai terdapat hamparan pasir putih yang bersih. Pulau ini belum tercemar apapun dan masi sangat alami, belum terganggu aktivitas manusia. Di pulau ini banyak  didominasi pohon kelapa. Pulau ini adalah tempat perlindungan bagi nelayan jika sedang badai. Sumber air bersih bisa anda dapatkan dengan membuat sumur. Jika melihat kondisi fisik pulau ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata Padang karena dapat dikembangkan dengan beragam kegiatan, seperti berenang, camping, petualang, menikmati panorama, menyelam, dan main pasir.

Kondisi biologi perairan pulau ini terdiri atas ekosistem terumbu karang di bagain selatan. Untuk  ekositem hutan di tengah pulau. Laut arusnya sangat tenang di timur dan berombak. Beberapa macam ikan ditemukan di pulau ini, seperti lumba-lumba, ikan hias, tongkol, kakap, kerapu, kembung, tuna dan tenggiri.

Vegetasi Pulau Sawo Memiliki Potensi yang Besar
Vegetasi di pulau ini adalah hutan tropika yang basah dan sebagian besar tidak dimanfaatkan, seperti ketapang dan pohon kelapa banyak dijumpai di pantai. Pulau ini dekat dengan wisata Pasie Jambak serta base camp nelayan di Koto Tangah. Jika anda ingin pergi ke sana hanya butuh waktu 20 menit dengan perahu dayung.

Apabila dilihat dari sumber daya alam, aksesibilitas, nilai historis, dan ketersedian prasarana dan sarana maka Pulau ini memiliki potensi besar untuk pengembangan wisata bahari sebagai objek parawisata. Untuk wisata alam anda dapat menikmati flora dan fauna yangg beragam di ulau ini. Untuk wisata bahari anda bisa melakukan kegiatan seperti memancing, menyelam, selancar, dan bisa menikmati beragam biota laut yang ada di pulau.

Pulau Sawo mendukung sekali tentang wisata alam apalagi alam yang masih alami belum terpengaruh dengan apapun, termasuk kegiatan manusia. Jika anda berkunjung ke pulau ini jangan lupa untuk tetap melestarikan alam agar tidak rusak.”PH-TRAVEL”

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.