Keunikan Area Wisata Lembah Harau di Payakumbuh

Lembah Harau Payakumbuh
Kawasan lembah tidak selalu identik dengan curam bentuknya yang seram. Pada kenyataanya, lembah seperti Lembah Harau bisa dijadikan area wisata.

Lembah Harau: Sierra Nevada versi Minangkabau 

Sepanjang perjalanan 1,5 jam dari Kota Bukittinggi menuju arah barat terasa menakjubkan dengan pemandangan pegunungan dan beberapa air terjun yang tingginya mencapai 100 meter. Ada pula 4 aluran sungai yang memanjakan mata dengan kejernihannya. Disana terdapat sebuah lembah bernama Lembah Harau yang sering dikomparasikan dengan Lembah Yosemite di Sierra Nevada California. Sepanjang jalan Anda bisa melihat tebing bebatuan granit yang curam setinggi 80-300 meter. Tebing cadas, curam dan lurus ini berwarna kemerah-merahan mengelilingi lembah. Lembah harau ini beriklim tropis dan tanahnya subur.

Letak Lembah Harau
Transportasi umum banyak tersedia untuk mengantarkan Anda lewat Bukittinggi. Anda bisa menyewa mobil padang, minivan, atau sepeda motor agar Anda tiba lebih tepat. Lembah Harau adalah lembah bertanah subur di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Dengan jarak 138 kilometer dari Padang, 47 kilometer dari Bukittinggi,18 kilometer dari Kota Payakumbuh, dan 2 kilometer Kabupaten Lima Puluh Kota tempat ini mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Lembah Haru  banyak dikelilingi oleh batu granit yang berwarna-warni terjal setinggi 100 s.d. 500 meter.

Istilah nama Harau diyakini diambil dari kata ‘parau’, sebuah istilah lokal Bukittinggi yang artinya suara serak. Karena daerah Bukittinggi dulunya sering terkena banjir dan tanah longsor, penduduknya sring mengalami perasaan panik dan gaduh. Rasa histeris dan teriakan akibat bencana banjir menimbulkan suara parau. Karena hal tersebut daerah lembah itu diberi nama “orau” yang berganti menjadi “arau”. Hingga akhirnya disebut “Harau” sampai sekarang.  

Menikmati Kuliner Beserta Akomodasi di Area Lembah Harau
Setiap berwisata, Anda pasti mencari akomodasi agar bisa beristihat. Ada banyak tempat penginapan dan hotel di sekitar Lembah Harau yang siap menyambut Anda dengan ramah tamah dan menyediakan kuliner khas Padang. 

1.    Akomodasi

Terdapat banyak akomodasi penginapan yang sederhana tetapi cukup memadai dan layak untuk disinggahi. Anda bisa menginap selama setidaknya satu atau dua malam sehingga di siang harinya Anda akan siap beraksi menikmati pemandangan alam. Beberapa penginapan tersebut adalah sebagai berikut: 

a.    Lembah Echo Home Stay
Echo Home Stay adalah akomodasi sempurna di Lembah Harau.Penginapan memiliki lingkungan yang asri, ramah, dan tempat tidur extra nyaman. Kala udara terasa dingin, air panas selalu tersedia. 

b.    Abdi Homestay
Penginapan  Abdi Homestay  dibangun menghadap ke sawah yang subur, hijau, dan dekat air terjun. Anda bisa mencari pengalaman trekking yang layanannya tersedia oleh manajemen setempat.

c.    Mangkuto Hotel
Hotel ini terletak di Nangkodok, Kota Payakumbuh. Hotel ini bisa menjadi alternatif penginapan kala Anda berjunkung ke lembah yang indah tersebut. 

2.    Kuliner
Lebih menarik, Lembah Harau menyuguhkan makanan cita rasa pedas khas Padang. Masakan Padang terbuat dari rempah-rempah yang melimpah dan gurih. Cita rasa ini memang nikmat, special, dan tiada duanya.  Ada satu menu special yakni keripik Ikan Bilih yang diambil dari Danau Singkarak. 

Aneka makanan khas Padang umumnya dinikmati tanpa sendok, karena makan dengan tangan dianggap mempunyai sensasi tersendiri oleh warga setempat. Selain Ikan Bilih, menu-menu yang terkenal yaitu:
-    Rendang
-    Balado
-    Gulai
-    Aneka olahan ikan dan udang
-    Paru (olahan paru-paru sapi goreng)
-    Otak (olahan otak sapi)
-    dan kikil (olahan kulit sapi atau kambing)

Ulasan diatas memang singkat, namun Anda pasti sudah bisa membayangkan keunikan area wisata Lembah Harau. Area wisata ini memang khas dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Berwisata alam selalu mampu membuat kita menjadi peka terhadap alam sekitar. “By.Rusdi Chaprian”

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.