Sawahlunto Kota Sejarah dan Kota Wisata Yang Wajib di Kunjungi

Sawahlunto Kota Sejarah dan Kota Wisata Yang Wajib di Kunjungi
Pertambangan batubara di Kota Sawahlunto sudah di kembangkan sejak masa kolonial Hindia-Belanda. Jejak peninggalan itu kini menjadi wahana sejarah dan wisata.

Berladang Batubara di Kota Sawahlunto 
Di Sumatera Barat, ada sebuah kota bernama Sawahlunto. Kota Sejarah dan Wisata Sawahlunto terletak 90 kilometer dari Kota Padang. Anda bisa menemukan suguhan pemandangan banyak bangunan-bangunan tua. Bangunan tersebut masih terpelihara meski berupa sisa-sisa peninggalan Kekuasaan Belanda.

Menapak Tilas  Jejak Perjuangan Pribumi Di Pertambangan Kota Sawahlunto
“Jas Merah” atau jangan sekali-kali melupankan sejarah adalah jargon terkenal dari Presiden pertama republik Indonesia. Banyak cerita yang terjawab oleh tembok-tembok bangunan yang bernuansa sejarah.

1. Sejarah
Adakah sebuah kota tua yang terus terpelihara secara baik sehingga menjadi pusat wisata yang penuh kesan selain Kota Tua Jakarta? Jawabannya adalah Sawahlunto. Kota Sawahlunto menawarkan sisi historis sejarah kolonialisasi Hindia Belanda.

Banyak bagunan yang masih kuat dan berdiri kokoh sejak masa Kolonial Belanda hingga kini. Tak hanya bangunan yang bagus, perpaduannya dengan alam sekitar pun sangat cocok. Indahnya lanskap alam menambah indah, dan tentu saja menjadi semakin nikmat dengan cita rasa Masakan Padang.

Sawahlunto sudah banyak terkenal sebagai salah satu pusat pertambangan batubara di Indonesia. Ini bermula dari penemuan Ir. De Greve pada pertengahan abad ke-19 di Sungai Ombilin, Sawahlunto. Karenanya, pemerintahan Hindia Belanda mendirikan banyak bangunan dan fasilitas pertambangan batubara hingga transportasinya.

Ini bertujuan mempermudah pengangkutan batubara dari Sawahlunto ke kota lain terutama Padang. Pada tahun 1984, jalur kereta api ke Kota Sawahlunto pun menjadi bagian penting kala itu, dan rel masih tersisa sampai sekarang. 

Jika Anda mengenal area Freeport di tanah Papua, maka Sawahlunto adalah kota pertambangan di Sumatera, hingga akhirnya berkembang sebagai kota mandiri yang berbasis pada pertambangan.

Sebagian besar penduduk Kota Sawahlunto saat itu adalah para pekerja pertambangan batubara sejak 1892. Kala itu, indsutri pertambangan ini dijalankan oleh Hindia Belanda dengan mempekerjakan warga setempat tetapi dibayar murah.

Penjajah pernah membuat sebuah Terowongan tambang pada tahun 1898. Ini adalah suatu lubang tambang yang pertama dibuat di Sumatera Barat. Terowongan itu berada di Desa Air Dingin, Kecamatan Lembah Segar. Ini dibuat oleh para pekerja paksa yang terkenal sebagai Orang Rantai.

2.Bangunan bersejarah
Bangunan-bangunan masih tegak berdiri dan dipakai sebagai:
  • Tempat tinggal penduduk
  • Perkantoran 
  • Atau aneka kios.
Tepat jika Anda membayangkan suasana alam Sumatera Barat yang hijau dan asri, budaya Minang, atau masakan Padang yang lezat dan mengundang selera.

Transpotasi dan Akomodasi di Kota Sawahlunto 
Untuk mempermudah mengunjungi objek wisata di Sawahlunto sudah disediakan banyak transportasi dan akomodasi yang layak.

1. Transportasi
Menuju Sawahlunto dari padang dapat ditempuh mamakai bus dan kendaraan pribadi atau pakai sewa mobil padang. Waktu yang diperlukan adalah sekitar 2,5 jam. Di hari Minggu, Anda dapat mengakses dengan transportasi kereta api. Sedangkan ke Padang Panjang hanya memakan waktu selama 1,5 jam. Kecepatan kereta api adalah 40 km/jam, sehingga perjalanan dari Padang Panjang ke Kota Sawahlunto mencapai 3 jam.

Jalur rel kereta api ke Sawahlunto melewati Danau Singkarak dan Lembah Anai. Tarif eksekutif adalah Rp, 50.000,00 dan tarif ekonomi adalah Rp25.000,00. .

2. Akomodasi
Anda tidak usah khawatir soal akomodasi. Kota Sawahlunto mempunyai banyak pilihan akomodasi dan fasilitas yang aman dan layak.
Berikut ini contoh hotel sebagai referensi:
  • Parai City Garden Hotel Sawahlunto 
  • Homestay Wamilda
  • Homestay Gustari
  • Wisma Mutiara
  • Hotel Ombilin Heritage
  • Hotel Parai City Garden
  • Wisma I Pemko Sawahlunto
  • Mess V
  • Wisma Mutiara
  • Mess Arga (Pemko Sawahlunto)
  • Hotel Laura

Dengan nilai historis yang kuat, bangunan yang masih terawat, dan akomodasi yang lengkap, sudah selayaknya Kota Sawahlunto masuk daftar wajib kunjungi saat Anda berwisata ke Pulau Sumatera. Anda akan menikmati wisata sekaligus menilik sisi sejarahnya. “By.Pelangi Holiday Travel Services”   

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.