Danau Singkarak Terbesar ke Dua di Sumatra Danau khas Ikan Bilis

Danau Singkarak Terbesar ke Dua di Sumatra Danau khas Ikan Bilis
Danau Singkarak adalah salah satu spot wisata andalan Provinsi Sumatera Barat. Satu yang paling unik adalah Ikan Bilih yang endemic di danau indah tersebut. 

Berburu Ikan Bilih di Danau Singkarak
Peneliti yang berasal dari Jerman, sangatlah tertarik dengan keindahan Alam Danau singkarak. Alam Singkarak yang begitu asri, damai dan sejuk ini diungakpakanya ke dalam lukisan kanvas yang menakjubkan, walau dia bukanlah seorang pelukis profesional. Dari sanalah awal mula Singkarak dikenal oleh masyarakat luas dan dunia umumnya semenjak tahun 1905.

Danau Singkarak Beserta Keunikannya
Singkarak sendiri adalah danau dengan kawah besar mempunyai pemandangan alam khas gunung vulkanik nan mempesona. Dengan luas mencapa 1.000 hektar, Danau Singkarak ini membentang di dua Kabupaten, yaitu Tanah Datar dan Solok. Untuk Singkarak sendiri mempunyai kawasan yang sangat luas kedua setelah Danau Toba.
    
1.    Keunikan
Bila Anda pergi ke Singkarak, akan ditemani oleh pemandangan yang begitu alami, indah serta menawan. Ada ikan endemic di Danau Singkarak tersebut yang bernama Ikan Bilih. Selain Bilih, terdapat 19 jenis ikan. Disana Anda juga akan menemukan apa yang disebut masyarakat Miang dengan Ikan Bilih, dimana ikan itu hanya berkembang biak di Danau Singkarak. Yang biasa diolah menjadi ikan gorengan yang sangat nikmat dinikmati dengan sambal-samal ala Minang.

Belanja, Kuliner, dan Akomodasi khas Danau Singkarak
1.    Berbelanja
Berbelanja memang sudah menjadi hal lumrah ketika berlibur. Ada beberapa area belanja di sekitar Danau. Belilah cenderamata bertema Singkarak dan kerajinan khas budaya Minangkabau. Anda bisa juga berbelanja sambil berkeliling. Alat transportasi darat seperti mobil merupakan pilihan tepat guna mempermudah Anda menikmati alam sekitar Singkarak.

2.    Kuliner
Saat Anda berkunjung ataupun berlibur, jika belum menikmati kuliner khas disana belumlah lengkap libuirannya. Singakarak menyediakan beragam kuliner khas yang sangat sayang jika dilewatkan bila Anda berkunjung ke Singkarak. Selera kuliner Anda akan dimanjakan.

Selain ikan khas dari Singkarak, Ikan Bilih juga terkenal akan rasanya yang leza dan tunik. Maka Ikan Bilih pun menjadi kuliner utama di sekitar Danau Singkarak. Ikan bilis enak dinikmati dengan penyajian di goreng yang kering. Ada lagi varian yang disediakan seperti direbus. Semua cara tersebut tersaji nikmat.

Berikut adalah beberapa restoran jalan menuju dan di sekitar danau yang terkenal:  
  • Rumah Makan Kayu Aro, Kayu Aro 
  • Rumah Makan Mintuo, Aia Siok
  • Restoran Sari Manggis, Guguk

3.    Akomodasi
Anda tidak perlu khawatir soal akomodasi. Banyak hotel yang sudah disediakan untuk akomodasi turis. Ada banyak sekali hotel di yang mengelilingi Danau Singkarak, jika Anda ingin menikmati suasana lebih bisa mencari penginapan-penginapan sekitaran Sumbar, karena jarak tempuh kesana sangatlah dekat.

Anda juga bisa memilih hotel di Kota Umbilin, sehingga Anda bisa menikmati malam untuk istirahat dan makan malam yang lezat dank has setempat. Penyediaan yang ada di Singkarak seperti; perahu, itik kayuh. Di beberpara titik, Anda boleh berenang, hiking, atau sekedar bersantai.

Berikut beberapa hotel yang direkomendasikan di kabupaten solok dan dekat Danau Singkarak:
  1. Hotel Palapa Prima, di Tikalak Kacang Singkarak, phone: +62 755 380834 
  2. Helmaya, di Alahan Panjang
  3. Hotel Danau Sri Rezeki, di Alahan Panjang
  4. Hotel Caredek, di Kota Solok
  5. Hotel Danau Diatas, di Alahan Panjang
  6. Hotel Taufina, Solok
  7. Cottages, di Alahan Panjang
Dengan banyaknya fasilitas dan kemudahan seperti yang terurai diatas, sudah selayaknya Anda membuktikan sendiri keindahan alam Danau Singkarak bukan semata buala Ernst Haeckel lewat bukunya. Jangan lupa pula mencoba olah Ikan Bilih khas Singkarak.

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.