Pinyaram Makanan Tradisional Minang

Pinyaram Makanan Tradisional Khas Minang
Pinyaram Makanan Tradisional Khas Minang
Kelezatan Pinyaram makanan khas Minang sangat diminati tidak hanya oleh penduduk asli Minang, namun juga para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Lezatnya Pinyaram Makanan Khas Minang

Salah satu kue  tradisional masyarakat Minang yang sangat terkenal adalah pinyaram. Pinyaram makanan tradisional khas Minang ini hadir pada saat acara Maulid Nabi Muhammad SAW, ramadhan hari lebaran isral mikraj, dan pada acara penting sepert pesta pernikahan. Kue ini mirip dengan kue cucur. Namun rasanya yang gurih membuat ketagihan menikmati kue yang satu ini. Pinyaram ini sangat terkenal di daerah Sumatera Barat. Dan seringnya para wisatawan datang ke Sumatera Barat dan menikmati kue yang lezat ini membuat kue inipun sangat terkenal. Sekarang jika kita membicarakan pinyaram ini dengan orang Malaysia dan Brunei, mereka pasti sangat antusias karena sudah pernah mencicipinya dan tahu kelezatannya.

Kue ini sangat unik karena tekstur bagian tengah dan tepi berbeda. Jika kita kita memakan bagian tepinya agak sedikit liat dan makin ke tengah baru terasa empuk. Bahan utama kue ini adalah tepung beras. Untuk mendapatkan tepung beras yang baik, orang Minang lebih suka menggilingnya langsung di tempat penggilingan tradisional yang menggunakan kincir air. Mereka berpendapat tepung yang dihasilkan dengan cara di tumbuk akan menghasilkan tekstur yang lebih baik dan gurih dan sangat bagus jika di gunakan untuk membuat pinyaram.

Cara Membuat Pinyaram Makanan Khas Minang
Jika ingin membuat pinyaram makanan khas asli Minang bahan yang harus disiapkan adalah gula, tepung beras putih, vanile, garam, santan dan minyak goreng. Sedangkan proses pembuatannya sendiri tidak terlalu sulit. Berikut proses pembuatan pinyaram:

1.Panaskan air gula sampai membentuk karamel dan dinginkan
2.Masukkan tepung peras ke dalam mankuk dan tuangkan gula yang sudah didinginkan tadi
3.Aduk sampai merata
4.Jika masih sangat keras saat mengaduknya tambahkan santan sampai adukannya mengental sempurna
5.Masukkan vanile dan garam secukupnya
6.Kemudian goreng hingga matang dengan cara memasukan ke dalam minyak panas sesendok sayur adonan kue pinyaramnya
7.Setelah matang angkat dan tiriskan.
8.Pinyaram siap di santap.

Bentuk pinyaram yang unik ini karena di bagian tengahnya mengembung dan dibagian tepinya tipis membuat banyak orang yang ketagihan untuk mencicipinya. Namun saat ini untuk mendapatkannya sangat sulit sekali karena biasanya hadir di pasar-pasar tradisional dan  hari-hari tertentu. Dan tidak banyak lagi orang yang membuat kue ini. Untuk mendapatkannyapun di pasar tradisional tersebut dengan cara ke pasar pagi-pagi sekali. Kalau sudah siang kue ini sudah habis.

Namun bagi anda yang datang dari jauh atau luar Sumatera Barat dan ingin betul mencicipi kue pinyaram tradisional makanan khas Minang ini. Anda bisa datang ke daerah Kayu Tanam. Tepatnya di Kelok Pinyaram karena di daerah ini pinyaram masih di produksi dan di pasarkan ke pasar-pasar tradisional yang ada di Sumatera Barat. Selamat Berburu. “By.Rusdi Chaprian”

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.