Manisnya Durian Asli Sungayang Tanah Datar

Manisnya Durian Asli Sungayang Tanah Datar
Manisnya Durian Asli Sungayang Tanah Datar
Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal Durian Asli Sungayang Tanah Datar disebabkan belum adanya pihak yang mempromosikannya.

Durian Asli Sungayang Tanah Datar Yang Tersembunyi
Durian, siapa yang tidak tertarik dengan buah yang satu ini. Hampir semua orang menyukainya. Rasanya yang manis dan lemak itu yang membuat orang tidak mampu menahan air liurnya. Tapi bagi Anda yang mengidap kolestrol dan darah tinggi, harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Buah ini bisa menjadi momok menakutkan bahkan mematikan bagi penderita hipertensi dan kolestrol. Durian paling banyak terdapat di daerah Sumatera. Ada sebuah durian enak, yaitu Durian Asli Sungayang Tanah Datar.

Nikmatnya durian asli sungayang tanah datar
Sungayang merupakan nama sebuah kecamatan yang terdapat di kabupaten Tanah Datar di provinsi Sumatera Barat. Kota ini terletak dekat dengan Batu Sangkar yang merupakan ibukota Tanah Datar.  Luas kecamatan Sungayang hanya kurang lebih 8 km persegi.  Memiliki jumlah penduduk 5.872 jiwa dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 1.324.

Mata pencaharian utama penduduknya adalah bertani, berkebun dan beternak. Adapun hasil pertanian dan perkebunan dari Sungayang adalah padi, jagung, ketela pohon, cabe, kelapa, kopi, coklat, dan kulit manis. Namun komiditi perkebunan ini belum menjadi komiditi andalan bagi kecamatan ini. baru hanya tanaman coklat yang sudah dikembangkan dan sudah bisa mendatangkan keuntungan yang cukup banyak bagi masyarakat.

Walaupun durian tidak tertera sebagai bentuk hasil pertanian dari Sungayang. Namun sebenarnya Durian Asli Sungayang Tanah Datar ini tidak kalah rasanya dengan durian dari negeri lain. Durian ini mungkin belum dikembangkan masyarakatnya dan dijual secara massa, sehingga durian ini menjadi tidak populer. Padahal jika pemerintah setempat mau membudidayakannya. Barangkali durian ini juga bisa ternama, seperti halnya dengan durian Medan.

Durian Asli Sungayang Tanah Datar ini memiliki rasa yang manis dan lemak, bentuk biji duriannya ada yang coklat dan kuning. Untuk harganya jika langsung membelinya, sangat murah jika dibandingkan di Medan atau Jakarta. Untuk 1 buah, bisa dihargai mulai dari 10 ribuan hingga 20 ribuan. Terkadang tergantung penawaran kita. Ini disebabkan durian ini belum ternama. Jika sudah ternama mungkin harganya sudah tidak bisa dijual semurah itu lagi.
Durian merupakan tanaman tropis yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Namanya berasal dari bentuk kulitnya yang memiliki banyak duri. Dalam bahasa Inggris, disebut dengan “King Of Fruit” raja dari segala buah. Durian memiliki aroma yang sangat menyengat dan khas. Sebagian orang sangat menyukai aromanya ini, sebagian lagi malah muak dan membencinya, terutama bagi ibu hamil. 

Durian, saat ini telah sering diolah menjadi makanan lain. Sebut saja beberapa diantaranya selai durian, pancake durian, serabi dengan kuah durian, dodol durian, bubur durian, dan es durian. Masih banyak lagi makanan lain yang berkolaborasi dengan buah ini. Begitu juga dengan Durian Asli Sungayang Tanah Datar. Dengan sedikit inovasi lagi akan terlahir jenis makanan lain yang bisa dijadikan oleh-oleh khas daerah. “By.Rusdi Chaprian”

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.