Lumuik Suliki Payakumbuh Sumatera Barat Batu Perhiasan Bewarna Warni

Batu Lumuik Suliki Payakumbuh
Batu Cincin Lumuik Suliki Payakumbuh memiliki keindahan melebihi batu lumuik sungah dareh dan mulai menanjak kepopulerannya.

Indahnya Batu Cincin Lumuik Suliki Payakumbuh

Bagi penggemar batu cincin, berburu dan mengkoleksi segala jenis batu-batuan perhiasan menjadi kesenangan tersendiri. Memang batu perhiasan ini berbeda dengan jenis perhiasan lainnya. Karena setiap batu memiliki keunikan tersendiri, seperti dari warna, ragam corak, dan kekerasannya. Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan batu-batuan seperti ini adalah Sumatera Barat. Batu apa sajakah yang tersohor dari daerah ini? Batu-batuan yang terkenal dari daerah Minang ini ada dua yaitu batu cincin lumuik sungai dareh dan Batu Cincin Lumuik Suliki Payakumbuh. Batu perhiasan suliki ini berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota-Payakumbuh Sumatera Barat. Batu suliki juga merupakan jenis batuan yang digunakan untuk perhiasan sebagai batu mata cincin.

Perbedaan batu cincin lumuik suliki payakumbuh dengan giok kandi
Batu lumuik Suliki memiliki motif yang berbeda dengan batu lumuik Dareh. Batu suliki memili corak pada batunya seperi corak abstrak. Sedangkan giok kandi hanya memiliki corak yang polos saja dan dengan satu warna yaitu hijau muda khas pucuk pisang. Batu suliki memiliki banyak warna. Adapun warna batu ini adalah merah, hijau, putih, dan coklat. Bahkan ada yang belang-belang percampuran berbagai warna. Ada yang 2 warna, 3 warna bahkan 5 warna.

Untuk harga, Batu Cincin Lumuik Suliki Payakumbuh bervariasi. Mulai dari harga seratus lima puluh ribu hingga jutaan rupiah. Harga tergantung pada warna dan corak motinya. Semakin langka motif dan warnanya, maka akan semakin mahal harganya. Misalnya batu lumuik suliki hijau pancar yang bisa berharga kisaran lima ratus ribuan.

Batu Suliki ini sebenarnya lebih cantik saat dikenakan dan dijadikan mata cincin. Karena warnanya dan corak motifnya yang beragam membuat cincin ini sebenarnya lebih berkelas saat digunakan. sehingga diyakini bahwa batu cincin ini akan bisa lebih terkenal dari Batu Lumuik Sungai Dareh. Batu cincin ini baru saja mulai diperkenalkan melalui pemerintah kabupaten dengan memberikannya kepada setiap tamu daerah yang datang sebagai cinderamata khas Payakumbuh.

Selain itu, batu lumuik suliki ini juga sudah mulai mengikuti beberapa ajang pameran luar kota, untuk lebih mempromosikannya ke luar daerah. Sebut saja, pada pameran batu akik di Mangga Square yang diadakan pada September lalu, dimana dua batu ternama yaitu Giok Kandi dan Batu Cincin Lumuik Suliki Payakumbuh diikutsertakan. Hasilnya, banyak penggemar batu yang mengincar dan menginginkan batu ini

Batu Cincin Lumuik Suliki Payakumbuh memang belum memiliki ketenaran seperti pendahulunya batu lumuik sungai dareh. Walaupun demikian, batu ini semakin menanjak kepopulerannya. Terutama sekali setelah dipromosikan melalui media massa seperti koran dan internet. Dipercaya jika barang yang sudah ada di internet tidak hanya terkenal dalam negeri saja atau lokal melainkan juga ke mancanegara. “By.Rusdi Chaprian”

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.