Lontong Sayur Gulai Tauco Sarapan Pagi Khas Masyarakat Minangkabau

Lontong Sayur Sarapan pagi Orang Minang
Lontong Kuah Tauco dan Ketupat
Lontong sayur sarapan orang Minang yang banyak di cari untuk menemani sarapan pagi seperti lontong sayur kuah tauco.

Lontong Sayur Sarapan Pagi Kesukaan Orang Minang Dengan Kuah Gulai Tauco

Lontong sayur sarapan orang Minang adalah makanan khas dan wajib di makan pada pagi hari. Semua orang yang tinggal di Sumatera Barat sangat menyukainya.  Lontong sayur   unik ini yang paling banyak di cari  adalah lontong dengan gulai tauco. Rasanya sangat lezat dan nikmat.  Apalagi di campurkan dengan kerupuk balado kelezatannya makin menggigit di lidah.

Untuk mencicipinya kita hanya merogoh kocek Rp 5000 sama harganya dengan pical sikai di ngarai sianok. Kenikamtan lontong sayur kuah tauco ini bisa mmebuat lapar di perut terobatai dan sangat mengenyangan. Ketahanan lontong ini di perut bisa sampai siang sehingga kita tidak perlu ngemil makanan lain yang membuat badan bertambah melar.

Resep Lontong Sayur Sarapan Pagi Orang Minang

Cara membuat lontong sayur sarapan khas orang Minang kuah gulai tauco ini adalah sebagai berikut:

1. Siapkan bumbu utama yakni buncis. Buncis tersebut di iris-iris tipis dengan cara menyerong
2.  Bumbu pelengkap sepeti bawang merah, bawang putih, petai, jahe, rimbang, daun-daunan
3.  Cabe hijau jugan di iris merencong
4.  Sedangkan petah dan rimbang dibelah dua saja
5. Bawang merah dan putih di iris kemudian di tumiskan bersama, cabe, jahe dan daun-daunan
6.  Setelah harum masukkan petai dan buncis dan bumbu tauco.
7.  Setelah agak layu, masukkan santan.
8.  Jangan lupa masukan garam secukupnya
9.  Dan tunggu hingga matang.

Setelah kuahnya matang, lontong sayur ini enak di makan bersama lontong yang di buat dengan cara direbus bersama di dalam plastik atau dalam daun dengan jumlah air yang sangat banyak. Beras yang diisi sepertiga dari tempatnya tadi akan mengembang dan membentuk bubur dan nanti setelah matang akan mengeras menjadi lontong ini. Namun untuk memakan lontong sayur sarapan pagi terlezat orang Minang ini tidak harus dengan lontong, diganti dengan ketupat juga enak.  Meskipun diganti namanya tetap lontong sayur.

Kalau di Bukittinggi, yang paling asyik dalah jika week end tiba. Semua orang melakukan aktivitas olahraga di daerah Lapangan Wirabraja di jalan Jend Sudirman. Di sana di sekitar lapangan tersebut banyak sekali orang yang menjual lontong sayur ini. Sambil olahraga bisa menikmati lontong sayur kuah tauco ini. Kegiatan ini banyak di tunggu masyarakat Bukittinggi  di setiap week end.

Lontong sayur kuah tauco dengan kaya rempah-rempah ini sangat di sukai siapa saja yang sudah mencicipinya. Rasanya gurih dan nikmat. Rasa pedasnya juga tidak terlalu menggigit di lidah. Pokoknya yang makan lontong sayur kuah tauco ini akan bikin ketagihan dan ingin lagi mencoba rasanya. Ingin mencicipinya datang saja ke Sumatera Barat. Rata-rata toko makanan di Sumatera Barat selalu menyajikan lontong sayur. Andapun bisa merasakan kelezatan Lontong sayur sarapan pagi tradisional orang Minang dengan kuah gulai tauco ini. “By.Rusdi Chaprian”

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.