Buah Manggis Pariaman Lezat dan Murah

Buah Manggis Pariaman Lezat dan Murah
Buah Manggis Pariaman Lezat dan Murah
Musim buah manggis di Pariaman sangat banyak peminatnya dan di beli orang yang lewat sepanjang jalan raya Padang-Bukittinggi.

Musim Buah Manggis Di Pariaman Yang Banyak Peminatnya

Di Sumatera Barat, salah satu penghasil manggis terbesar adalah Kota Pariaman. Jika Musim buah manggis di Pariaman datang, manggis ini akan di kirim ke beberapa kota yang berada di sekitar Kota Pariaman.  Manggis  buah yang sangat lezat dengan kulitnya berwarna merah kehitaman. Dagingnya yang berwarna putih sangat manis sekali.  Di Pariaman jika ingin menemukan buah ini, anda bisa mencarinya di sepanjang jalan raya Padang-Bukittinggi. Di tepi-tepi jalan banyak sekali orang yang menjualnya dengan cara meletakan rak sederhana di atas meja dan meyusunnya di sana.

Musim Buah Manggis Di Pariaman Dan Penanaman Pohon Manggis
Mengingat buah manggis menjadi komoditi yang banyak di cari di pasaran harganyapun melambung tinggi. Jika tidak musimnya dan hanya berbuah beberapa pohon saja harga manggis bisa mencapai Rp 20.000. Tidak hanya buah manggis saja yang di beli orang yang lewat sepanjang jalan Pariaman ini. Kulit manggis pun banyak yang cari. Dan harganyapun lebih mahal dari buah segarnya. Untuk 1 kg kulit buah manggis kering ditawarkan Rp 30.000. Namun jika buah ini musimnya dan meledak di pasaran harganya 1 kg cuma Rp 5000.

Untuk menanam manggis di Pariaman ini memanfaatkan lahan pohon kelapa. Caranya di selingi di antara pohon kelapa tersebut di tanam pohon manggis. Penanaman manggis ini mulai digalakkan sejak tahun 2002. Sistem yang dilakukan adalah dibantu oleh proyek pertanian, namun dalam perjalanannya , budidaya manggis ini masih bervariasi. Seperti tanaman lainnya, untuk menjaga tumbuhan manggis bisa tumbuh dan berbuah sesuai umurnya, maka harus di jaga dari hal yang menganggu. Yang paling banyak menganggu pada saat musim buah manggis di Pariaman adalah hewan hutan seperti babi, landak, ulat daun, dan tupai.  Pohon manggis harus dijaga betul sampai umur satu tahun kalau tidak hewan –hewan ini akan memakan dan merusaknya.

Kisaran produksi manggis di Pariaman adalah untuk satu pohon yang berumur 5 sampai 10 tahun akan menghasilkan buah 10 sampai 20 kg perbatang. Sedangkan yang sudah mencapai di atas 25 tahun umur pohonnya akan menghasilkan buah manggis yang lebih banyak lagi yakni 100 sampai 150 kg perbatang. Untuk buah manggis semakin tua umurnya produksi buahnyapun semakin meningkat.

Dengan semakin terkenalnya musim buah manggis di Pariaman ini, maka untuk penanamannya juga perlu perhatikan karena buah manggis ini banyak sekali manfaat dan merupakan buah yang paling banyak di cari saat ini. Untuk itu, perlu perhatian pemerintah di daerah Pariaman untuk lebih serius membudidayakan pohon manggis ini.  Diharapkan jika budidaya manggis ini sudah semakin baik makan hasilnyapun akan semakin baik dan tidak hanya sekitar kota di Sumatera Barat saja bisa menikmatinya. Bahkan buah ini juga bisa di ekspor ke luar negeri. Apalagi kulitnya sangat bermanfaat yang bisa dijadikan ekstak obat-obatan yang sangat bermanfaat sekali untuk dunia kesehatan. “By.Rusdi Chaprian”

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.