Batu Cincin Hijau Lumut Sungai Dareh

Batu Cincin Hijau Lumut  Sungai Dareh
Batu Cincin Lumut Hijau Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat terkenal hingga ke mancanegara dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan jiwa dan raga.

Batu Cincin perhiasan Lumut  Sungai Dareh Yang Tersohor Hingga Ke Mancanegera
Anda penggemar batu cincin? Sudah tahukah Anda tentang Batu Cincin Lumuik Sungai Dareh? Batu cincin ini berasal dari kabupaten Dharmasraya, provinsi Sumatera Barat. Batu akik ini merupakan kerajinan khas masyarakat setempat.  Batu indah ini memiliki warna yang khas yaitu warna hijau muda daun pisang. Batu ini juga memiliki banyak nama. Nama-nama lain untuk batu perhiasan ini adalah batu lumut, batu giok sumatera, dan giok kandi.

Batu ini berasal tepatnya dari sungai batanghari yang ditambang oleh penduduk setempat. Batu lumut ini diolah dari batu mentah yang berasal dari dasar sungai. Batu mentah ini kemudian dipotong, dalam proses pembentukan dengan asahan lalu dihaluskan sehingga menarik untuk dilihat. Bentuk akhirnya yang sudah cantik dan berkilau inilah yang dipakaikan menjadi cincin atau kalung sebagai perhiasan.

Fungsi dan manfaat lain batu cincin lumuik  sungai dareh
Giok kandi ini umumnya dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai batu perhiasan. Batu terkenal sebagai mata cincin karena beberapa keunggulannya. Menurut seorang kolektor batu dari Pelalawan, giok sumatera ini memiliki tekstur yang sangat keras dan berserat seperti batu permata mulia lainnya bahkan seratnya menyamai serat Zamrud Kolombia. Kekerasan batu ini menyamai Giok Cina yaitu 7 Mohls.

Menurut kepada masyarakat Indonesia yang masih percaya kepada hal mistis. Batu akik ini memiliki fungsi yang lain. Mereka menganggap bahwa giok kandi ini bisa memberikan khasiat tertentu bagi pemiliknya. Adapun khasiat tersebut adalah dapat memberikan efek positif bagi pemakai dalam hal kehidupan sehari-hari, dan juga bisa memberikan keseimbangan emosinal ke arah yang baik, menyuburkan rasa kasih sayang, di sisi lain dipercaya juga berguna untuk kesehatan yaitu getaran gelombang elektronya mampu memperkuat otot-oto jantung serta memperkokoh otot-oto syaraf.

Sebagai perhiasan, batu ini sudah sangat dikenal oleh khalayak ramai khususnya pecinta batu perhiasan. Bahkan kemasyuran Batu Cincin Populer Lumut  Sungai Dareh terkenal hingga mancanegara. Konon kabarnya sejak giok sumatera ini diberikan oleh Presiden SBY kepada Presiden USA Barack Obama sebagai cinderamata. Bahkan pejabat negeri ini pun sekarang telah banyak yang memakai batu ini sebagai batu cincin perhiasan di jari mereka.

Oleh pemerintah kabupaten Dharmasraya, batu ini dijadikan komoditi utama dan khas milik daerah setempat. Pemerintah setempat pun gencar melakukan promosi untuk memperkenalkan batu ini. Datangnya beberapa tokoh atau pejabat penting ke kota ini, selalu pulang dengan cinderamata giok Kandi yang memang sengaja khusus diberikan pemerintah kabupaten setempat. Tujuannya untuk mengenalkan batu ini ke daerah luar Sumatera Barat.

Batu Cincin Akik Lumut  Sungai Dareh sekarang telah bermerk dagang resmi sebagai barang kerajinan resmi kabupaten Dharmasraya.Batu ini dijaga ketat pemerintah untuk tidak sembarangan dibawa ke luar negeri. Batu perhiasan ini telah menjadi identitas masyarakat setempat. "By.Rusdi Chaprian"

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.