Sanjai Niken Oleh Oleh dari Bukittinggi

Sanjai niken oleh oleh khas bukittinggi
photo by. www.travelerien.com
Toko sanjai Niken menawarkan beragam pilihan oleh-oleh terutama keripik sanjai yang khas dan diolah dari bahan-bahan bermutu.
Sanjai Niken, Pusatnya Oleh-Oleh Khas Bukittinggi

Tidak sempurna rasanya mengunjungi suatu daerah wisata jika tidak membawa buah tangan, bukan? Demikian halnya jika anda berkunjung ke Kota Bukittinggi. Salah satu oleh-oleh khas dari daerah wisata bukittinggi ini yaitu kerupuk sanjai. Siapa yang tidak tahu sanjai, kerupuk yang dibuat dari singkong ini memang tidak pernah sepi peminat karena selain rasanya yang lezat, kerupuk ubi ini ditawarkan dengan beragam rasa mulai dari asin, manis, hingga pedas.

Bukittinggi, Sentranya Kerupuk Sanjai

Di Bukittinggi terdapat suatu kawasan sentra produksi sanjai, yang terletak di jalur Bukittinggi Payakumbuh, atau dikenal dengan Nagari Sanjai. Namun, jika anda kembali melalui Padang, maka tentunya berbelanja ke pusat sanjai menjadi tidak praktis. Sementara itu, kawasan sentra ubi kayu yang digunakan untuk memproduksi kerupuk sanjai adalah Nagari Gadut.

Daerah Gadut memang memiliki ubi yang khas, dan dapat menghasilkan kerupuk sanjai yang lezat. Kandungan air yang sesuai memudahkan proses pengolahan kerupuk  sanjai dalam beraneka ragam rasa. Jika ubinya bukan dari daerah ini, maka kerupuk yang dihasilkan juga keras dan rasanya juga kurang enak. Selain itu, ada juga varian sanjai yang terbuat dari tepung ketan atau tepung beras dan diberi kunyit sebagai pewarna. Karena bentuknya mirip angka “8”, kerupuk ini lebih dikenal sebagai Karak Kaliang. Terlepas dari namanya, tipe kerupuk sanjai ini cukup terkenal dan digemari banyak orang.

Sanjai Niken Bukittinggi

Pada dasarnya, kerupuk sanjai banyak dijual di toko-toko hampir di seluruh wilayah Bukittinggi. Di jalur Bukittinggi Padang, salah satu alternatif referensinya adalah Sanjai Niken Bukittinggi.  Sanjai Niken Bukittinggi mendatangkan ubinya dari Nagari Gadut untuk selanjutnya diolah. Pengolahan dilakukan tiap hari, sehingga pengunjung selalu mendapatkan kerupuk sanjai yang baru.

Selain kerupuk sanjai, Toko Sanjai Niken juga menyediakan makanan khas lain dari kota wisata ini. Di antaranya adalah Galamai Bareh, Kerupuk Nasi, Galamai Katan, dan makanan khas lainnya. So, bagi anda yang berkunjung ke Bukittinggi tidak ada salahnya mampir di Sanjai Niken Bukittinggi. Di sini anda dapat memilih beragam oleh-oleh untuk keluarga maupun sanak saudara. Jangan lupa juga membeli untuk camilan di mobil selama perjalanan pulang ya? “By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.