Rumah Gadang Balimbing Kampai Nan Panjang

Rumah Gadang Balimbing Kampai Nan Panjang di Sumatera Barat
Rumah Gadamng Balimbing atau rumah Gadang Kampai Nan Panjang memiliki daya tarik tersendiri dimana mempunyai nilai sejarah tinggi dan dengan desain arsitektur yang sangat unik.

Wisata Sejarah Ke Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Salah satu hal menarik untuk dipelajari ketika berkunjung ke Sumatera Barat adalah Rumah Gadang Kampai Nan Panjang atau rumah gadang balimbing. Turis lokal, dan bahkan turis asing juga amat menikmati keunikan dari rumah tersebut. Ini merupakan bangunan bersejarah yang terletak setidaknya 13 km dari kawasan Batusangkar. Dulunya rumah tersebut didirikan oleh suku Kampai Nan, terutama yang bernama Datuk Penghulu Basa. Pendirian dari rumah gadang tersebut sudah dilakukan kurang lebih 300 tahun yang silam. Meskipun berumur amat tua, bangunan terlihat amat baru karena sudah dilakukan banyak perbaharuan.

Deskripsi Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Yang perlu diketahui dari Rumah Gadang Kampai Nan Panjang Sumatera Barat selain dari sejarahnya adalah mengenai deskripsi dari segi penampilan rumah gadang itu sendiri. Bila dilihat dari segi arsitektur, rumah gadang tersebut memiliki gaya khas Minang dan berfungsi untuk tempat tinggal. Bila ditilik pada bagian atas rumah tersebut, para wisatawan dapat melihat ijuk yang menutupi bagian atas rumah tersebut. Sedangkan bagian luar dari rumah ini terbuat secara keseluruhan dari kayu, yang memiliki warna hitam. Ada satu pintu masuk pada rumah tersebut dan berada pada bagian tengah.

Ulasan Lebih Jauh

Ketika masuk dalam Rumah Gadang Kampai Nan Panjang di Propinsi Sumatera Barat, seseorang dapat memperhatikan aspek interior. Bangunan ini memiliki 7 bilik kamar yang masing-masing mempunyai ukuran 1 setengah x 3 meter persegi. Seperti halnya rumah gadang lain, jumlah ruangan pastilah ganjil. Pintu dari rumah tersebut biasanya berbentu oval dengan ukuran diameter yang amat kecil yaitu 30 cm. Karena itulah, tiap orang yang ingin masuk ke rumah tersebut haruslah membungkuk. Bagi beberapa orang, tentu saja hal ini akan menjadi masalah yang cukup menyulitkan. Karena itulah, biasanya seseorang harus memastikan terlebih dahulu mengenai bagaimana mereka masuk pada rumah gadang tersebut.

Hal lain yang perlu diketahui dari rumah unik khas tradisi Minang tersebut adalah mengenai penggunaan paku untuk membangunnya. Rumah tersebut tidak memiliki plafon. Karena itulah, mereka yang berada dalam rumah tersebut dapat melihat langsung tulang-tulang rangka pada bagian atap. Rumah Gadang Kampai Nan Panjang atau balimbing sekarang ini faktanya sudah menjadi bahan pembelajaran mengenai budaya dan kesenian Minang. By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.