Baju Adat Suntiang Dari Solok Selatan

Pesona baju adat dan suntiang dari solok selatan ini memiliki ciri atau karakter yag berbeda untuk setiap usia dan berbagai situasi baik dalam pernikahan maupun kesehariannya.

Pesona Baju Adat Dan Suntiang Dari Solok Selatan
Solok Selatan merupakan salah satu tempat yang terletak di bagian timur daerah SumBar. Tempat ini memiliki adat yang tidak bisa dipungkiri keanekaragaman yang membuat Sumatera Barat ini kaya akan warisan budaya. Termasuk untuk Solok Selatan yang memberikan kekhasan dalam berpakaian yang paling menonjol dalam pernikahan. Tapi untuk sumatera baratnya sendiri ini keanekaragaman baju adat sudah menjadi pelengkap karena setiap daerah memiliki baju adatnya sendiri yang pastinya dengan hiasan yang sama namun mengandung arti yang berbeda. Selian itu yang tidak pernah lepas dari baju adat yaitu daya tarik suntiang yang pasti dipakai saat acara pernikahan. Baju adat dan suntiang dari solok selatan ini juga terdapat beberapa pilihan.

Menikmati keindahan baju adat dan suntiang dari solok selatan
Suntiang ini merupakan hiasan kepala yang menjadi ciri khas dari daerah Minangkabau pesisir yang selalu di pakai oleh pengantin wanita. Suntiang ini selalu menjadi daya tarik karena memang salah satu hiasan terindah yang tidak dimiliki oleh pengantin wanita di daerah-daerah lain. Jadi wajar kalau benda yang dipakai ini selalu menjadi pesona terindah bagi yang melihatnya. Dengan bentuk yang unik dan penggunaan bahannya yang sangat indah menjadikan si pengantin wanita terlihat seperti puteri kerajaan yang memakai mahkota. Pada lapisan bawah menggunakan kembang goyang atau bungo sarunai yang biasanya terdiri dari tiga atau lima deretan. Untuk lapisan keduanya di sebut dengan bungo gadang. Dan bagian atas di sebut kote-kote. Suntiang pisang saparak dari Solok Selatan ini menggunakan bahan yang berbeda pula salah satunya seng alumunium kuningan.

Untuk baju adatnya sendiri memang setiap daerah di Sumatera Barat memiliki kesamaan dalam pakaiannya. Dibedakan berdasarkan wanita, pria, masyarakat umum dan pakaian adat remaja juga terdapat disini. Perbedaan ini terjadi untuk memperlihatkan status si pemakai karena tentunya setiap usia mengandung pengertian yang berbeda-beda pada baju adat yang dikenakan. Desain dari baju yang dibuat biasanya di sesuaikan dengan usia si pemakai. Dari mulai model, aksesoris, warna, motif, bahan yang cocok untuk seusia yang telah di tentukan. Jenis baju adat dan suntiang dari Solok Selatan akan terus menjadi warisan dari waktu ke waktu untuk generasi selanjutnya yang harus di abadikan.”By Rusdi Chaprian”

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.