Tradisi Unik Berburu di Sumatera Barat

Tradisi Unik Berburu di Sumatera Barat

Tradisi berburu di sumatera barat sering memikat perhatian wisatawan yang berkunjung. Disini akan dibahas siapa yang berburu dan tujuan dari tradisi berburu itu sendiri.

Seputar Tradisi Unik Berburu di Sumatera Barat

Kampung Minang adalah kawasan yang subur di Provinsi Sumatra Barat. Pada kawasan ini terdapat etnis Minangkabau yang tinggal disana. Dikarenakan banyak suku yang berdiam disana, tentu saja menjadikan kawasan tersebut memiliki banyak tradisi dan cagar budaya. Salah satunya adalah tradisi berburu di sumatera barat. Tradisi tersebut juga biasanya disebut dengan kandiak atau yang berarti babi hutan. Secara garis besar, tradisi ini adalah kegiatan berburu babi hutan atau celeng. Tidak hanya penduduk lokal, wisatawan juga amat menikmatinya.

Tradisi Berburu di Sumatera Barat Dengan Anjing

Yang unik dalam melakukan aktifitas tradisi berburu di sumatera barat adalah mengenai siapa yang berburu. Yang harus diketahui adalah mengenai anjing yang sudah terlatihlah yang berburu, bukannya manusia. Disana tidak sulit untuk menemukan para pemilik anjing yang dilatih untuk berburu tersebut. Para pemilik biasanya sering memandikan anjing kesayangan mereka pada bawah jembatan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa anjing tersebut dalam kondisi prima untuk dilatih dan diajak untuk berburu. Tradisi ini sudah turun temurun dilakukan oleh para penduduk lokal. Video by Youtube berburu babi di Sumatera Barat

Memulai Tradisi Berburu di Sumatera Barat

Untuk segera bisa memulai tradisi berburu di sumatera barat, seseorang perlu memastikan terlebih dahulu mengenai bagaimana orang lokal melakukannya dengan benar. Biasanya sebelum mencapai jembatan untuk memandikan anjing-anjing tadi, seseorang akan berjalan sepanjang rel kereta dan dengan didampingi anjing mereka. Setelah sampai pada tepi kali, maka anjing-anjing pemburu akan segera dimandikan. Pada pinggiran sungai tersebut, orang-orang lokal akan bertemu dengan kawan lama dan bercakap-cakap sembari memandikan anjing mereka. Anjing pemburu tadi biasanya didapatkan dari Jawa.

Bobot serta ukuran dari anjing pemburu yang kecil akan menunjang proses perburuan. Anjing jenis tersebut amat digemari karena kelincahan, kegesitan, dan juga mudah sekali dirawat. Sedangkan nafsu berburu dari anjing tersebut amatlah tinggi. Sebuah tradisi berburu di sumatera barat ini sudah amat populer di kawasan Minang dan sudah dilakukan sejak lama. Tradisi tersebut bahkan menjadi cerminan kehidupan agraris dan lokal. Tujannya adalah untuk mengurangi populasi babi hutan yang sering merusak tanaman disawah. Artikel bersambung tunggu ulasan berikutnya...

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.