Selendang Cantik Asli Koto Gadang

Selendang cantik asli koto gadang adalah salah satu kerajinan cantik dari daerah tersebut. Bagaimana cara membuat selendang ini dan kelebihan apa saja yang dimilikinya? 

Ulasan Selendang Cantik Asli Koto Gadang

Ada banyak hal yang bisa dinikmati dari Sumatra Barat. Selain karena wisata alamnya, Sumatra Barat juga terkenal akan keberagaman kerajinan seperti Selendang Cantik Asli koto gadang. Hal yang dapat dinikmati adalah mengenai kerajinan yang amat terkenal di dataran yang berada diantara Ngarai Sianok dan Gunung Singgalang. Letaknya adalah di Kabupaten Agam. Disana adalah pusat penghasil beraneka ragam kerajinan. Sudah hampir berpuluh tahun wanita-wanita disana gencar membuat kerajinan sulaman asli dari Koto Gadang. Selain selendang, disana juga diproduksi kepala peniti, kelengkang, dan juga suji air.

Membuat Selendang Cantik Asli Koto Gadang

Guna memperoleh selembar kerajinan selendang indah dengan detil yang amat cantik, seseorang perlu untuk waktu sebulan dalam membuatnya. Namun perlu diketahui bahwa bila dikerjakan bersama 7 orang, maka sebuah Selendang Cantik Asli koto gadang dapat diselesaikan dalam satu minggu saja. Hasil dari sulaman tersebut tidak hanya akan diminati oleh para konsumen lokal, namun juga oleh konsumen luar negeri juga. Banyak sekali turis dari Prancis, Belanda, dan juga Australia yang memanfaatkan hasil sulaman selendang tersebut. Karena itulah, banyak sekali yang mengincar Selendang tersebut.

Kelebihan Selendang Cantik Asli Koto Gadang

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki Selendang Cantik Asli koto gadang. Selain dicari karena keindahannya, selendang tersebut juga dapat dimanfaatkan secara maksimal karena pengaruh daya tahannya. Produk kerajinan tersebut dapat bertahan secara ekstrim, bahkan untuk seratus tahun. Karena itulah takkan heran bila harga jual dari produk ini amat beragam yaitu dari  2 juta hingga 10 juta keatas. Harga tersebut adalah untuk sebuah selendang sedangkan untuk seprei adalah 30 juta. Akan tetapi tiap penjual juga menyertakan harga yang berbeda untuk produk tersebut.

Para wisatawan yang berkunjung ke Koto Gadang juga dapat mengikuti pelatihan atau kelas membuat produk kerajinan ini. Banyak orang lokal yang akan mengajari para wisatawan untuk membuat produk kerajinan Selendang Cantik Asli koto gadang. Orang yang paling berjasa dalam hal pengajaran tersebut adalah Dennyzar. Motivasi pengajaran adalah untuk melestarikan budaya kerajinan tersebut untuk lebih baik lagi. By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.