Baju Adat Dan Suntiang Dari Kota Padang

Baju Adat Dan Suntiang Dari Kota Padang
Model: Pengki Ariadi & Chy-ie Cesnie
Padang salah satu daerah yang memiliki baju adat berbeda untuk pria dan wanita. Baju adat dan suntiang dari kota padang ini selalu di pakai pada momen khusus.

Filosofi Baju Adat Dan Suntiang Dari Kota Padang

Sumatera Barat merupakan salah satu daerah Indonesia yang kaya akan budayanya. Di setiap daerahnya memiliki ciri dari adat yang berbeda salah satunya mengenai baju adat dan suntiang. Daerah yang juga kaya akan budayanya yaitu Padang. Baju adat dan suntiang dari kota Padang ini mengandung makna sakral yang diyakini oleh masyarakat sekitar. Pakaian adat ini biasanya terihat saat ada momen penting seperti pernikahan. Kekayaan budaya Padang akan lebih terlihat jelas dan memiliki keindahan yang berbeda. Jadi tentunya warisan ini harus di jaga sampai kapanpun.

Baju adat dan suntiang dari kota Padang untuk pria dan wanita

Baju adat yang terdapat di Padang ini tentunya dibedakan berdasarkan jenis pria dan wanita. Baju untuk pria dan wanita ini memang memiliki makna tersendiri yang terkandung di dalamnya. Untuk wanita, limpapeh rumah nan gadang merupakan salah satu pakaian adat yang bermakna bahwa wanita itu merupakan tiang kokoh dalam sebuah rumah. selain itu ada minsi yang diletakan di pinggir baju adat yang terbuat dari benang emas yang berarti bahwa masyarakat Minang menjunjung tinggi demokrasi tapi juga terdapat pakem-pakem tertentu. Ada juga lambak yang seperti sarung berupa songket tenun menggambarkan kesopanan. Baju adat dan suntiang dari kota Padang ini biasa dipakai oleh mempelai wanita saat perayaan besar pernikahan.

Daerah Padang juga memiliki pakaian adat untuk pria, baju ini termasuk pakaian kebesaran seorang pemangku adat. Baju yang biasa di gunakan yaitu berwarna hitam, warna ini menandakan bahwa seorang penghulu harus memiliki pendirian yang kokoh dan bijaksana dalam melaksanakan kepemimpinannya. Ada juga cawek atau ikat pinggang yang di pakai terbuat dari kain sutera yang bermakna bahwa penghulu harus bisa mengendalikan orang lain. Selanjutnya sandang yang di selempangkan di bahu berbentuk segi empat yang berarti penghulu tersebut harus menerima anak yang telah ingkar namun telah berubah.

Kota padang merupakan daerah yang sudah maju namun masih mempertahakan kebudayaannya salah satunya dengan baju adat dan suntiang dari kota Padang ini yang selalu di pakai pada momen-momen khusus. 


Berikut kami lampirkan juga ulasan Jenis Baju Adat Minangkabau Sumatera Barat 

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.