Uniknya Beruk Metik Kelapa Di Sumatera Barat Hewan Pintar Yang Terlatih

Uniknya Beruk Metik Kelapa Di Sumatera Barat
Uniknya beruk metik kelapa di Sumatera barat yang membantu mencari nafkah penduduk Pariaman. Beruk perlu dilatih khusus untuk memetik kelapa. Latihan 4-6 bulan.

Uniknya Beruk Metik Kelapa Di Sumatera Barat

Hewan pintar yang terlatih dan baik hati ini ternyata sudah terkenal di salah satu pulau besar di Indonesia tepatnya di Sumatera sebagai hewan pemetik kelapa. Ya, beruk adalah hewan yang sangat pandai karena membantu warga di Pariaman untuk memetik kelapa. Uniknya beruk metik kelapa di Sumatera Barat ini ternyata mengundang perhatian orang banyak juga para wisatawan.

Mata pencaharian warga di Pariaman Sumatera Barat adalah memetik kelapa. Beruk digunakan warga sekitar untuk membantu dalam mencari nafkah. Seekor beruk memiliki kelincahan yang lebih dibandingkan manusia, hal ini terbukti dari jumlah kelapa yang dapat dipetiknya. Dalam waktu 1 hari, satu ekor beruk dapat memetik kelapa sebanyak 800 butir. Dengan jumlah kelapa yang begitu banyak, maka Pariaman dikenal sebagai daerah penghasil kelapa dengan kualitas terbaik di Indonesia.

Latihan khusus untuk petik kelapa
Ternyata, untuk dapat memetik kelapa di pohon yang cukup tinggi, beruk tidak begitu saja langsung bisa melakukannya. Perlu ada latihan yang dijalani oleh beruk dari sang pemilik. Latihan yang dijalani oleh si beruk atau Bahasa Indonesianya adalah monyet ini memerlukan waktu kira-kira 4 sampai 6 bulan.

Hal pertama yang dilakukan sang pemilik atau pelatih beruk ini adalah mengikat kelapa pada sebuah kayu kemudian meletakkan di pohon kelapa, awalnya meletakannya di pohon yang paling rendah kemudian meminta beruk untuk memetik kelapa tersebut. Jika beruk sudah bisa, maka kelapa kemudian dinaikkan ke tingkat yang lebih tinggi hingga yang paling tinggi. Ketika beruk ini sudah mahir, maka kemampuannya akan menjadi luar biasa. Gerakan yang cepat, bahkan dia dapat membedakan kelapa yang masih muda dan sudah tua.

Kesehatan fisik dari beruk juga harus diperhatikan, beruk harus memiliki kondisi yang baik agar bisa memetik kelapa dalam jumlah yang banyak. Untuk menjaga kebugaran, biasanya beruk diberikan 2 telur ayam kampong mentah dan suplemen. Wisatawan yang ingin melihat aksi dari sang beruk dapat datang langsung ke Pariaman. Uniknya beruk metik kelapa di Sumatera Barat ini hanya ada di Pariaman. By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.