Gunung Tandikek di Padang Panjang

Photo by.http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Tandikat
Gunung Tandikek di Panjang Panjang menyuguhkan kondisi alam yang masih sangat alami dengan banyak air terjun dan sungai kecil. Jalur pendakian tergolong berat.


Gunung Tandikek di Padang Panjang, Keindahan yang Masih Terjaga

Gunung Tandikek di Padang Panjang adalah gunung api tipe stratovolcano. Gunung ini memiliki ketinggian 2438 meter dari permukaan laut. Sejak tahun 2006 gunung ini tidak pernah meletus. Gunung tandikek jarang sekali didaki karena jalur pendakian yang berat dan masih banyak terdapat hewan liar di sana.

Gunung Tandikek tidak disarankan bagi pendaki pemula
Gunung Tandikek di Padang Panjang tidak disarankan untuk pendaki pemula. Dibutuhkan stamina dan alat navigasi yang memadai untuk pendakian gunung. Banyak rintangan yang ditemui, antara lain jalan setapak yang tidak jelas, kadang hilang atau terputus dan serangan pacet. Untuk mencapai Gunung Tandikek, pendaki dapat naik bus jurusan Padang Bukittinggi dan turun di Simpang Lubuk Mato Kuciang. Setelah itu, pendaki menuju ke Desa Singgalang dengan naik angkot atau ojek. Jalan yang dilewati penuh tikungan dan tanjakan curam. Registrasi pendakian dilakukan di desa ini. Dari desa Singgalang, perjalanan berlanjut menuju mushola terakhir sebelum pendakian.

Setelah berangkat dari mushola terakhir, selanjutnya diperjalanan akan ditemui sumber air. Disini sebaiknya pendaki menyiapkan air untuk pendakian karena sumber air berikutnya masih berjarak 6 jam perjalanan. Track pendakian berikutnya adalah jalur penuh tanjakan dengan kemiringan hingga 45 derajat. Setelah pendaki berjalan cukup lama dan melelahkan sampailah pada sumber air yang kedua. Di tempat ini ada tanah yang cukup datar dan pas untuk berkemah.

Setelah melanjutkan lagi dua jam perjalanan maka sampailah di puncak Gunung Tandikek. Rasa lelah seolah terbang setelah sampai di Puncak Gunung Tandikek di Padang Panjang. Di puncak gunung ini dapat ditemui kawah gunung dengan suara membahananya. Saat menuju ke kawah gunung para pendaki harus hati-hati, karena untuk mencapainya para pendaki harus melewati medan dengan kemiringan 60 derajat ditambah dengan batuan cadas rapuh. Setelah melewatinya, para pendaki akan disuguhi dengan kawah datar berbentuk bundar berdiameter sekitar 50 meter dengan kawah-kawah kecil berdiameter 10 sampai 30 cm disekelilingnya dan mengeluarkan asap belerang.

Gunung Tandikek di Padang Panjang memiliki pemandangan indah khas gunung api. Sekitar gunung juga sangat indah dengan pemandangan air terjunnya. Di sepanjang jalur pendakian banyak ditemui sungai-sungai kecil yang membelah lembah. Kondisi hutannya masih sangat alami dan sangat terjaga. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.