Berziarah ke Makan Muhammad Yamin Talawi Sawahlunto Sumatera Barat

Berziarah ke Makan Muhammad Yamin Talawi Sawahlunto
Makan Muhammad Yamin di Talawi Sawahlunto
Berziarah ke makam M. Yamin di Talawi Sawahlunto. M. Yamin pahlawan pencetus sumpah pemuda. Bangunan makam serta ornament khas Minangkabau.

Berziarah ke Makan M. Yamin di Talawi Sawahlunto

Jika anda sedang berada di Sumatera barat,jangan lewatkan untuk mengunjungi dan berziarah ke makam M. Yamin di Talawi Sawahlunto. M. Yamin adalah seorang pahlawan yang turut membantu memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. M. Yamin dikenal oleh bangsa Indonesia sebagai pakar hukum, sastrawan, pencetus sumpah pemuda, konseptor dasar Negara, ahli Bahasa, politikus, penggali sejarah dan pencipta lambang pada polisi militer.

Sawahlunto merupakan daerah kelahiran dari M. Yamin. Beliau dilahirkan pada tanggal 22 agustus 1903. Pendidikan terakhir yang dijalaninya adalah tamat Rechtshogeschool di Jakarta pada tahun 1932. banyak jasa-jasa yang diberikan oleh beliau kepada tanah air ini, maka dengan pengorbanan yang diberikan, pemerintah Indonesia memeberikan anugerah gelar kepada beliau yaitu M.Yamin Pahlawan Pergerakan Nasional.

Beberapa jasa yang telah diberikan M, Yamin kepada Indonesia adalah beliau mengetuai organissasi bernama Jong Sumateranen Bond, ketua Indonesia Muda, dan sebagai salah satu pencetus Sumpah Pemuda. Bakat yang dianugerahi kepada beliau tidak sampai situ saja, beliau juga menciptakan kumpulan puisi Melayu, menulis naskah drama, novel sejarah juga menerjemahkan beberapa hasil karya orang luar negeri.

Makam M. Yamin di Sawahlunto
Makam dari M. yamin dan ayahnya disejajarkan dalam sebuah bangunan berkayu yang terbuka dan sederhana. Atapnya terbuat dari ijuk dan disangga dengan tiang-tiang yang berdiri kokoh. Sedangkan alasnya terbuat dari papan. Dari tampak depan komplek pemakaman ini dapat dilihat tembok yang berisikan nama M, Yamin yang berdiri kokoh, hal ini menandakan bahwa begitu besar jasa dari M. Yamin. Masuk ke dalam bangunan yang berisi makam, anda dapat melihat pilar yang menyangga bangunan ini dilapisi dengan kuningan, juga terdapat ornament bunga cantik yang berwarna merah, orange, kuning, hijau dan biru.

Ukiran kayu bagian atas dihiasi dengan ornament yang berwarna merah dan hitam, ornament ini sangat kental dengan adat khas daerah Minangkabau. Siapapun boleh datang untuk mengunjungi dan berziarah ke makam M. Yamin di Talawi Sawahlunto. dengan mengunjungi dapat berziarah, anda dapat lebih menghargai jasa para pahlawan Indonesia yang mengorbankan segalanya demi kemerdekaan Republik Indonesia dan merasakan semangat perjuangan dalam diri anda. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.