Alat Musik Tambua Dari Sumatera Barat

Alat Musik Tambua Dari Sumatera Barat
Tambua adalah alat musik yang sederhana, namun bisa memicu kemeriahan di sebuah acara adat.

Tambua, Alat Musik Pemicu Kemeriahan

Dalam berbagai budaya di negara manapun, cara untuk menimbulkan kemeriahan dalam sebuah acara adat adalah dengan menabuh atau memukul-mukul alat musik perkusi. Alat musik jenis ini, terutama gendang, ada di semua budaya termasuk budaya Sumatra Barat. Alat Musik Tambua Dari Sumatera Barat alias tambur merupakan alat musik perkusi populer di Sumatra Barat yang sederhana namun mampu menimbulkan kemeriahan di acara atau pertunjukan adat apapun.

Bentuk dan Ukuran Tambua
Tambua sangat sederhana; hanya berupa satu set tambur yang terbuat dari kayu dan kulit kambing dengan ukuran masing-masing lumayan besar. Tinggi masing-masing tambua sekitar 75 sentimeter sementara diameternya mencapai setengah meter. Satu set tambua terdiri dari enam buah tambur  dan semuanya berukuran sama, serta dimainkan oleh sekelompok pemuda. Tambua bentuknya mirip seperti satu set bedug mini.

Masing-masing pemuda memegang sebuah tambur dan memainkannya dalam kelompok atau berbaris. Ada irama tersendiri yang dimainkan sehingga banyak variasi irama yang dihasilkan walaupun sebenarnya yang dimainkan hanya satu set alat musik perkusi dengan ukuran dan cara permainan yang sama.

Cara Memainkan Tambua
Karena dimainkan dalam kelompok, tambua menimbulkan irama dan suara yang riuh, apalagi jika dimainkan di dalam hajatan atau acara pernikahan. Pembuat tambua biasanya membuat satu set tambur ini dengan ketebalan kayu yang agak berbeda masing-masing, sehingga ada nada yang terdengar agak berbeda walaupun alat musiknya sepintas nampak sama.

Uniknya, dalam memainkan alat musik ini, kelompok pemain tambua memiliki semacam ‘pemegang komando’ yang memimpin atau mengomandani irama permainan. Si pemegang komando ini memegang alat musik perkusi lainnya yang disebut tansa. Berbeda dengan tambua, tansa ini ukurannya lebih kecil dan biasanya dibuat dari seng atau aluminium, bukannya kayu (tetapi bagian yang ditabuh tetap dari kulit). Alat musik ini dipukul untuk memberikan komando atau isyarat terhadap penggantian irama, memberi tanda saat musik akan dimulai atau selesai.

Tambua memberikan suasana riuh dalam sebuah perayaan atau pesta, terutama karena dimainkan secara beregu. Tambua memberikan paduan antara irama yang ramai, meriah dan bahkan memberi kesan berani serta gagah, seperti lagu-lagu yang mengiringi lagu perjuangan.Alat Musik Tambua Dari Sumatera Barat.  By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.