Wisata ke Kalenteng Hien Kiong Padang Sajian Barongsai Meramaikan Saat Perayaan Imlek

Wisata ke Kalenteng Hien Kiong  Padang
KALENTENG HIEN KIONG
Hien Kiong adalah Kalenteng Padang dengan arsitektur indah yang ramai saat perayaan imlek dan layak untuk dikunjungi untuk tujuan wisata 
Wisata Pecinan di Kalenteng Padang
Padang ditinggali oleh masyarakat Minang dan berbagai suku pendatang. Salah satu pendatang yang bermukim di Kota Padang berasal dari etnis Thiong Hoa. Etnis Thiong Hoa bermigrasi pada tahun 70-an. Mereka bermukim di kampung pecinan yang ada di Pondok Pecinan. Saat menjelang  Tahun Baru Imlek, etnis Thing Hoa merayakan tahun barunya dengan sangat meriah di kelenteng See Hin Kiong. See Hien Kiong adalah sebuah Kalenteng Padang yang didirikan pada tahun 1905.

Sajian imlek khas kalenteng Padang
Wisatawan domestik dan luar negeri yang datang dapat menyaksikan sajian Barongsai. Selain itu para wisatwan juga dapat mengabadikan foto kalenteng Padang ini. Alunan khas musik mandarin dari pengeras suara menambah ramai suasana. Semakin malam biasanya jumlah pengunjung yang datang semakin banyak. Acara imlek juga ditambah meriah dengan pembagian sejumlah angpao. Masyarakat etnis Thiong Hoa menjelang pergantian tahun mengadakan sembahyang di kelenteng.  Wisatawan yang datang boleh mengabadikan momen-momen ini.

Kalenteng See Hien Kiong Padang terdapat di kota tua, tepatnya di Jl. Kelenteng No 321 Padang. Bangunan ini pernah mengalami kerusakan berat saat terjadi gempa Padang pada 30 September 2009 namun kini telah direnovasi. Bangunan See Hien Kiong memiliki dua bangunan penting, yaitu bangunan depan dan bangunan belakang. Di depan kelenteng ada sebuah kolam yang pada permukaannya terdapat bunga terartai. Di atas kolam terdapat sebuah hiolo dengan dua hiasan naga. Hiolo ini terbuat dari tembaga.

Arsitektur kelenteng See Hien Kiong
Di dalam kalenteng padang terdapat 3 patung yang berdiri di altar. Ketiga patung tersebut antara lain patung Koean Im Hoe Tjo, Sam Pai Tjo Soe dan Mak Tjo Po. Di Kalenteng Padang terdapat juga altar bagi para pengikut Tao dengan adanya patung Lao tze. Patung Lao Tze yang di altar tengah membawa kipas yang bergambar siombol Taiji. Ubin, tiang, hiasan dan ukiran bangunan didatangkan langsung dari daratan Cina.

Deretan di jalan kelenteng dan jalan niaga penuh dengan pemukiman etnis Thiong Hoa. Warga keturunan Thiong Hoa juga bermukim di Padang dan hidup membaur dengan masayrakat Minang. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.