Pesona 13 Telaga di Gunung Talamau Pasaman

Pesona 13 Telaga di Gunung Talamau Pasaman
Pendakian ke Gunung Talamau di Kabupaten Pasaman Barat akan menemui banyak obyek menarik seprti air terjun, 13 telaga, aneka flora dan fauna serta kawah gunung.

Pesona 13 Telaga di Gunung Talamau di Kabupaten Pasaman Barat

Gunung Talamau di Kabupaten Pasaman Barat adalah gunung tertinggi di Sumatera Barat dengan ketinggian 2.913 meter dari permukaan laut. Sangat tidak rugi melakukan pendakian di Gunung Talamau. Selain itu di sekitar kawasan Gunung Talamau ada hotel dan wisma yang mempermudah akomodasi.

Jalur Pendakian
Untuk mencapai Gunung Talamau di Kabupaten Pasaman Barat bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 6 jam dari Kota Padang. Pendakian bisa ditempuh dari 3 titik start, yaitu Desa Pinagar, Malampah dan Kinali dengan waktu tempuh rata-rata 12 jam. Di sepanjang jalur pendakian banyak terdapat papan penunjuk jalur, sangat membantu agar tidak tersesat.

Rute awal yang dilalui adalah lahan pertanian dan ladang penduduk. Setidaknya akan ada 4 pos yang akan dilalui oleh para pendaki, yaitu Pondok Bukit Harimau Campo (710 mdpl, Pos Rindu Alam (1100 mdpl), Pos Bumi Sarasah (1860 mdpl) dan Posko Paninjauan (2500 mdpl).

Pesona alam jalur dan puncak Talamau
Dari Puncak Gunung Talamau, terlihat jelas Puncak Gunung Pasaman. Gunung Talamau berdekatan dengan Gunung Pasaman dan dipisahkan oleh sebuah sungai. Dari Puncak Gunung Talamau, para pendaki bisa langsung turun dan naik ke Gunung Pasaman.

Dari puncak akan terlihat telaga-telaga Gunung Talamau. Setidaknya ada 13 telaga yang terdapat di Gunung Tamalau. Ketiga belas telaga itu antara lain, Talago Mandeh Rubiah, Talago Biru, Talago Tapian Sutan Bagindo, Talago Cindua Mato, Talago Tapian Puti Mambang Surau, Talago Siuntuang Sudah, Talago  Satwa, Talago Puti Bungsu, Talago Putri Sangka Bulan, Talago Rajo Dewa, Talago Lumuik, Talago Imbang Langik, dan Talago Buluah Parindu.

Gunung Talamau di Kabupaten Pasaman Barat lebih bersih dan lebih terawat dibanding Gunung Marapi dan Gunung Singgalang. Ada beberapa hal yang menarik yang dapat ditemui saat mendaki Gunung Talamau di Kabupaten Pasaman Barat, salah satunya yaitu adanya air terjun Puti Lenggo Geni dengan ketinggian 109 meter. Selain itu di Padang Siranjano juga akan ditemui padang rumput dengan fauna rusa, kijang, kambing hutan dan tapir. Selain 13 telaga tadi juga terdapat kawah belerang di 5 puncak gunung yang tersebar di Gunnung Talamau. Di daerah puncak gunung juga terdapat empat gua.By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.