Oleh Oleh Keripik Labu Wisata Maninjau

Oleh Oleh Keripik Labu Wisata Maninjau
Oleh oleh Keripik Labu dari Nagari Matur merupakan makanan khas yang bisa anda peroleh dalam perjalanan dari Bukittinggi menuju Danau Maninjau

Keripik Labu Matur, Bagian dari Trip Berkesan ke Maninjau

Kemilau Danau Maninjau yang menakjubkan selalu menarik pengunjung untuk kembali lagi. Untuk mencapai tempat wisata Danau Maninjau, anda dapat mengambil dua jalur. Jika memilih jalur utara, anda akan melewati Kabupaten Padang Pariaman dengan menempuh jarak sekitar 140 km dari Padang. Namun, jika ingin menikmati perjalanan yang berkesan, maka anda sebaiknya memilih jalur Selatan, yakni dari Padang ke Bukittinggi dan terakhir ke Maninjau.

Perjalanan berkesan ke Maninjau

Ada banyak alasan untuk ke Maninjau melalui Bukittinggi. Salah satunya adalah kesempatan untuk menikmati aneka olahan labu, seperti oleh oleh keripik labu di Nagari Matur. Di Matur, anda akan melihat barisan pedagang aneka makanan, mulai dari Labu Matang yang belum diolah, keripik labu, hingga kacang goreng garing, yang sangat terkenal dengan kenikmatan dan kualitasnya. Di tangan-tangan kecakatan warga Matur, labu diolah menjadi aneka penganan, seperti stik, risoles, pudding, kolak, cendol, hingga dodol labu.

Alasan lain untuk memilih jalur ini adalah pemandangannya yang menakjubkan. Jika di wilayah Bukittinggi pemandangan anda tertumpu pada pesona Gunung Merapi, dalam perjalanan ke Danau Maninjau, pemandangan anda akan tertumpu pada Gunung Singgalang yang ada di sisi kiri. Pesona keindahan yang anda nikmati tidak berhenti sampai di situ.

Setelah melewati Matur, anda akan memasuki jalur Kelok 44 yang sangat terkenal. Keindahan ini bahkan tertuang dalam satu syair yang sangat terkenal di Sumatera Barat, yakni Kelok Ampek Puluah Ampek. Dari Matur, anda menghitung mundur dari Kelok 44 hingga Kelok 1 yang berakhir di Pasar Maninjau. Yang menakjubkan dari perjalanan ini adalah view yang ada di hadapan anda. perjalanan menuruni Bukit Maninjau ini dihiasi oleh kilauan air danau yang seolah-olah persis berada di hadapan anda.

Keistimewaan Keripik Labu Matur

Keripik Labu di Nagari Matur ini dibuat dengan mengolah labu menjadi tepung dan diberi resep. Labu memang komoditi utama dari Nagari Matur ini. Labunya khas dan memiliki keunggulan tersediri baik dari ukuran buah maupun ukurannya. Beratnya saja bisa mencapai 20 kg untuk satu buah labu. Labu bersifat tahan lama. Jika tampuknya tidak rusak, maka labu bisa tahan hingga satu tahun. Walaupun terkena panas dan hujan, labu dapat bertahan hingga 6 bulan. Labunya saja sudah istimewa tentu keripiknya juga istimewa bukan? By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.