Museum Adityawarman-Wisata Edukasi Padang

Museum Adityawarman di Kota Padang adalah salah satu tujuan wisata edukatif. Museum ini menyuguhkan rangkuman sosial, budaya dan adat di Ranah Minang

Museum Adityawarman di Kota Padang Tujuan Wisata Edukatif

Para traveller atau wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat ada berbagai obyek wisata menarik yang dapat dikunjungi, antara lain Danau Singkarak, Danau Maninjau, Jam Gadang dan Ngarai Sianok. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang jangan lewatkan mengunjungi Museum Adityawarman di Kota Padang. Nama museum diambil dari nama raja yang pernah memimpin Minangkabau tepatnya di Kerajaan Pagaruyuang. Raja ini memimpin Ranah Minang semasa dengan Maha Patih Gajah Mada di Kerajaan Majapahit.

Masih jarang traveller yang memasukkan Museum Adityawarman di Kota Padang sebagai salah satu daftar tujuan mereka. Museum ini bersifat edukatif bagi para traveller atau wisatawan yang ingin mengetahui sosial, budaya dan adat masayarakat Sumatera Barat.

Profil Museum Adityawarman di Kota Padang
Museum Adityawarman di Kota Padang memiliki arsitektur bangunan khas Minangkabau yaitu model Rumah Gadang. Museum ini tepatnya berada di Jl. Diponegoro No 10 Padang, dekat dengan lokasi Taman Budaya Kota Padang. Museum ini didirikan di atas lahan seluas 2,6 hektar dan buka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00.

Wisata edukatif sarat informasi
Museum ini memiliki tampilan pemandangan luar yang hijau dan asri. Di dalam Museum Adityawarman para wisatawan akan disuguhi 5781 koleksi arkeologi, keramologika, numismatika dan heralsika, etnografika, seni rupa, teknologika, biologika, historika, geologika serta filologika.

Sistem kekerabatan Matrilineal yang menurut garis keturunan ibu dijelaskan secara gamblang di museum ini. Berbagai buku yang menceritakan tentang Ranah Minang disediakan di museum. Berbagai pakaian adat, replika makanan, peralatan perang dan peralatan dapur yang dipakai masyarakat Ranah Minang juga dipamerkan. Bagi yang traveller yang tidak sempat keliling Ranah Minang, jangan khawatir karena di museum ini didirikan replika berbagai macam bentuk Rumah Gadang dari berbagai kabupaten di Ranah Minang. Di Taman museum banyak terdapat aneka permainan tradisional anak-anak seperti seluncuran, jungkitan dan ayunan.  Museum ini sangat pas bagi wisata edukasi. Anak-anak, pelajar dan orang tua bisa menambah pengetahuannya tentang Ranah Minang bila berkunjung ke museum ini. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.