Koto Baru Star Pendakian Gunung Merapi

Koto Baru Star Pendakian Gunung Merapi
Pendakian di Gunung Marapi melewati hutan pinus, vegetasi hutan dan bebatuan vulkanik. Dari puncak akan terlihat gunung dan danau yang ada di sekitarnya.

Indahnya Puncak Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar

Gunung Marapi merupakan salah satu dari barisan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2891 mdpl. Letak Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar Sumatera Barat. Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar dapat ditempuh dari Padang selama 1,5 jam perjalanan. Cukup membayar Rp 15.000 hingga Rp 35.000 pendaki dapat menuju Koto Baru, yaitu titik awal jalur pendakian. Ada beberapa alternatif jalur pendakian, namun biasanya para pendaki lebih memilih Koto Baru sebagai start pendakian. Dari Koto Baru para pendaki bisa melanjutkan dengan berjalan kaki atau menumpang truk sayur menuju ke pos pendakian.

Pendakian ke Puncak Marapi
Jika berjalan dari Koto Baru ke Pos Pendakian, pendaki akan disuguhi pemandangan tanaman sayur mayur di kiri dan kanan jalan. Di perjalanan ini pula pendaki dapat melihat pemandangan Gunung Singgalang yang bersebelahan dengan Gunung Marapi. Di pos pendakian pendaki harus membayar biaya masuk Rp 5000. Setelah membayar, perjalanan kemudian dilanjutkan ke pos pemantau sembari mengisi air untuk bekal pendakian.

Dari pos pemantau pendaki lalu berjalan menyusuri hutan pinus. Setelah hutan pinus habis, maka pemandangan berganti dengan vegetasi primer dan sekunder khas hutan tropis. Selama perjalanan banyak lahan datar yang berpetak-petak untuk mendirikan tenda bagi para pendaki. Setelah melewati vegetasi hutan tropis, selanjutnya perjalanan menunju puncak Marapi didominasi oleh bebatuan, kerikil dan pasir vulkanik yang sangat labil bila diinjak. Pendaki harus lebih berhati-hati. Berikutnya pendaki akan sampai di kawah mati yang berupa dataran luas dan terbuka. Di tempat ini terdapat Tugu Abel.

Dari Tugu Abel ke Puncak Marapi membutuhkan waktu pendakian sekitar 15 menit. Setelah sampai di puncak, pemandangan indah pun akan terlihat. Di puncak Gunung Marapi pendaki bisa melihat beberapa kawah yang masih mengepulkan asap putih. Selain itu rerimbunan edelweis dibalik pepohonan menjadi penghias pemandangan. Jika cuaca sedang cerah, akan terlihat Gunung Kerinci, Gunung Singgalang, Danau Maninjau dan Kota Bukittinggi. Ini disebabkan letak strategis Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar. Indahnya pemandangan dari atas Puncak Marapi sangat mengagumkan. Gunung ini bisa menjadi tujuan pendakian dan aman untuk pendaki pemula. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.