Keunikan Alat Musik Talempong Batu Talang Anau

Keunikan Alat Musik Talempong Batu Talang Anau
Talempong Batu Talang Anau adalah alat musik tradisional yang juga menyajikan kisah legendaries dan mitos di kalangan masyarakat lokal Sumatra Barat.

Talempong Batu Talang Anau Payakumbuh

Sumatra Barat memang terkenal sebagai salah satu kebudayaan yang jelas bisa membuat para wisatawan baik luar negeri atau manca Negara dan juga wisatawan domestik akan tertarik untuk mengunjungi propinsi Sumatra Barat. Salah satu seni kebudayaan dan juga obyek wisata yang menarik untuk dinikmati Talempong Batu Palang Anau di Payakumbuh. Talempong merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan logam kuningan yang berbentuk seperti sebuah gong. Alat musik tradisional tersebut digunakan untuk mengiringi para penari dan juga kesenian randai dan juga mengarak pengantin.

Keunikan Telampong Batu Talang Anau di Payakumbuh
Keunikan dari Talempong Batu Talang Anau yang terdapat di Payakumbuh ini adalah bahan yang digunakan. Jika biasanya alat music Talempong menggunakan bahan logam kuningan, maka di di Talang Anau, Payakumbuh, talempong dibuat dari batu alam yang didapat dari batu gunung di sekitarnya. Yang menarik adalah bunyi yang dihasilkan oleh Talempong dari batu ini sama persis dengan bunyi yang dihasilkan oleh Talempong dari bahan logam kuningan. Bentuk dari alat music sendiri tidak sama. Talempong ini memiliki bentuk tidak beraturan seperti halnya sebuah batu alam atau batu gunung pada umumnya.

Kisah Unik Talempong di Payakumbuh
Ketika para wisatawan mengunjungi Payakkmbuh untuk melihat dan menyaksikan Talempong Batu Talang Anau ini, pasti akan disuguhi kisah unik dan juga legenda penemuan alat musik tradisional dari batu ini. Dikabarkan batu gunung ini dibawa oleh Syamsudin yang mendapat wangsit  untuk membawa batu ini ke tempatnya sekarang. Ia meminta kepada masyarakat Payakumbuh untuk meminta ijin jika ingin membunyikan alat music tersebut.

Dengan kemenyan putih, alat music ini bisa mengeluarkan suara seperti Talempong dari kuningan. Alat music ini juga bisa menjadi sinyal bahaya dengan mengeluarkan suara menderum, menggelegar dan juga beberapa suara yang cukup aneh untuk memberitahu kepada para masyarakat untuk waspada dan juga ekstra hati-hati dengan ancaman bahaya yang sedang menanti. Benar atau tidaknya kisah tersebut, kehadiran telempong dari bahan baku yang unik ini telah memperkaya seni dan kebudayaan negeri kita.By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.