Wisata Edukasi Ke Istana Bung Hatta Bukittinggi

Wisata Edukasi Ke Istana Bung Hatta Bukittinggi
Istana Bung Hatta Bukittinggi adalah tujuan wisata edukasi sejarah perjuangan Bung Hatta. Akses dan akomodasi bagi pengunjung lokasi di ini sangat memadai

Berwisata Edukasi Ke Istana Bung Hatta Bukittinggi

Kota Bukittinggi adalah salah satu pilihan tujuan wisata di Sumatera Barat. Bukittinggi mempunyai wisata alam yang indah, wisata sejarah dan wisata edukasi. Istana Bung Hatta Bukittinggi merupakan tujuan wisata edukatif yang ada di pusat kota Bukittinggi tepatnya di depan Taman Jam Gadang.

Arsitektur dan nilai historis Istana Bung Hatta Bukittinggi
Gedung ini dahulunya adalah rumah Panglima Pertahanan Jepang. Setelah Indonesia merdeka, tepatnya tahun 1946 tempat ini berubah nama menjadi Istana Drs Muh Hatta. Oleh Hatta, bangunan ini dijadikan tempat tinggal dan tempat untuk memimpin perjuangan di Sumatra serta tempat pertemuan bagi pimpinan-pimpinan di Sumatra, khususnya di Sumatera Barat. Pada tahun 1947 gedung ini pernah dijadikan sebagai Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

Istana Bung Hatta Bukittinggi memiliki taman yang asri dengan bangunan yang kokoh. Didepan dan di samping kompleks bangunan terdapat dua patung Bung Hatta. Patung Bung Hatta yang di depan berukuran separuh badan. Sedangkan di samping kompleks patung Bung Hatta berukuran utuh setinggi 2 meter. Bagunan ini berarsitektur zaman kolonial dengan 8 buah kamar dan kemudian bertambah menjadi 12 kamar yang berukuran luas. Istana ini memiliki interior yang sederhana, jauh dari kesan megah. ini mencerminkan karakter Bung Hatta sosok adalah yang sederhana dan bersahaja. Di dalam bangunan ini terdapat banyak foto-foto yang menceritakan perjalanan hidup Bung Hatta, mulai dari masa kecil hingga Bung Hatta menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama. Sekarang bangunan ini difungsikan sebagai tempat seminar, lokakarya dan pertemuan-pertemuan kenegaraan.

Sarana akomodasi dan transportasi memadai
Bukittinggi dapat ditempuh dengan kendaraan darat dari Kota Padang selama dua jam. Istana BungHatta dan tempat wisata rumah kelahiran Bung Hatta Bukittinggi dilalui oleh semua jalur angkutan umum karena letaknya yang strategis ada di pusat kota. Ini memudahkan wisatawan untuk mengunjungi istana Bung Hatta Bukittinggi.

Bila wisatawan mengunjungi Kota Bukittinggi, maka wisatawan dapat mengunjungi 2 tempat sekaligus yang berdekatan yaitu Taman Jam Gadang dan Istana Bung Hatta Bukittinggi. Jika wisatawan sudah lelah berjalan-jalan, disekitar Istana Bung Hatta Bukittinggi ada berbagai wisata kuliner khas Sumatra Barat disekira. Menu andalan yang disajikan antara lain Nasi Kapau, dendeng dan rendang asli Padang. Wisatawan juga tak perlu repot-repot mencari penginapan. Dipusat Kota Bukittinggi ada berbagai bangunan penginapan dari yang bertarif murah hingga yang bertarif mahal. Para wisatawan dapat mengakses dan menccari tempat makan dan penginapan dengan mudah. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.