Tempat-Arena Pacu Jawi Tanah Datar Perhelatan Budaya Yang di Tunggu

Persiapan para joki peserta pacu jawi di tanah datar
Joki dan Sapi di Event Pacu Jawi Tanah Datar
Pacu Jawi adalah adu balapan sapi yang bertempat atau arena di Tanah Datar Sumatera Barat. Perhelatan budaya ini cukup menarik minat wisatawan untuk melihatnya


Pacu Jawi Tanah Datar
Pacu Jawi Tanah Datar merupakan even budaya yang digelar di Tanah Datar Sumatera Barat. Pacu Jawi Tanah Datar digelar tiap minggu ke empat di empat kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Empat kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Pariangan, Rambatan, Lima Kaum dan Sungai Tarab.

Perhelatan Pacu Jawi Tanah Datar
Pacu Jawi berarti adu balapan sapi. Sapi yang diadu dikendalikan oleh seorang joki. Joki naik di atas alat pembajak sawah, berpegangan dan bertumpu pada alat pembajak sawah. Joki yang mengendalikan sapi tidak diperkenankan menggunakan alas kaki. Alat pembajak sawah dikaitkan pada sepasang sapi yang dikendalikan oleh seorang joki. 


Pacu Jawi Event Budaya di Tanah Datar
Yang unik dari Pacu Jawi Tanah datar adalah joki menggigit ekor sapi agar sapi memacu lari sekencang-kencangnya.Pacu Jawi Tanah Datar menggunakan lintasan yang berlumpur. Berbeda dengan karapan sapi Madura yang lintasannya berupa tanah yang kering. Saat acara digelar banyak turis domestik dan manca negara yang membanjiri untuk menghadiri dan mengabadikan perhelatan ini. Dinas pariwisata mengemas dan mempromosikan acara ini dengan sangat menarik.

Sebelum acara Pacu Jawi digelar, perhelatan didahului dengan arak-arakan jawi atau sapi. Sapi-sapi ini dihias dan diarak menuju arena pacu dengan diiringi musik khas Talempong. Ibu-ibu mengenakan pakaian adat dengan menyunggi bakul berisi makanan. Bakul dibuka jika acara sahut-sahutan pantuna antar datuk selesai. Saat arak-arakan jawi memasuki arena, jawi akan disambut dengan tari-tarian.


Joki dengan Semangat Memacu Sapinya
Di sekitar arena Pacu Jawi Tanah Datar banyak bertebaran warung-warung yang menjajakan kuliner khas Tanah Datar, antara lain kopi daun dengan wadah batok kelapa atau bambu dan kuliner gulai kambing yang berbeda dari tempat lain.

Nilai esensi Pacu Jawi Tanah Datar
Pacu Jawi tanah Datar sudah ada turun menurun sejak zaman nenek moyang. Nilai kegotong-royongan dalam menggarap sawah adalah esensi dari Pacu Jawi. Selain itu Pacu Jawi juga mengandung nilai-nilai budaya, filosofi dan pariwisata.

Acara di arena Pacu Jawi Tanah Datar biasanya digelar mulai pukul sepuluh pagi hingga pukul lima sore. Para turis apabila ingin menyaksikan atraksi yang lebih meriah dari pada biasanya bisa mengunjungi Tanah Datar saat Bulan Juni, Juli dan Oktober di saat peserta Pacu Jawi mencapai 500 hingga 800 peserta. By Rusdi Chaprian


 http://www.pelangiholiday.com/2013/03/photography-tour-padang-4d3n.html

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.