Wisata Dragon Boat Padang Sumbar

Wisata Dragon Boat Padang Sumbar
Dragon Boat Padang adalah kalender event bertaraf internasional yang diselenggarakan untuk menyambut hari jadi kota Padang
 
Dragon Boat, Satu Lagi Event Bertaraf Internasional di Padang
Selain Tour de Singkarak, kalender event bertaraf internasional lainnya yang digelar di Padang adalah Dragon Boat alias festival Perahu Naga. Penyelenggaraan festival ini dipengaruhi oleh masuknya kebudayaan Tionghoa di Kota Padang. Event olah raga sekaligus wisata Dragon Boat Padang digelar rutin setiap tahun, sejalan dengan program pemerintah untuk mengembangkan sektor wisata di Sumatera Barat. Kompetisi ini biasanya dilakukan untuk memperingati lahir Kota Padang yang jatuh pada tanggal 7 Agustus.

Dragon Boat Padang: Telah Ada Sejak Zaman Kolonia
Kompetisi lomba perahu ini sudah dimulai sejak pemerintah kolonial Belanda menduduki Indonesia lalu di tahun 1995, orang orang China membawa Dragon Boat Competition ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Di dalam negeri, khususnya di Padang, dragon boat mengalami sejumlah penyesuaian, sesuai dengan kaidah budaya lokal; namun yang mengejutkan  adalah perkembangannya yang cukup pesat dibandingkan pengaruhnya di daerah lain, atau bahkan di negara lain.

Saat ini Dragon Boat Competition mulai dilombakan oleh beberapa daerah yang memiliki sungai besar, termasuk di Wilayah Timur Indonesia, seperti Kutai Kartanegara yang pemerintah daerahnya baru-baru ini berkunjung ke Padang untuk mempelajari kisah sukses penyelenggaraan Dayung Perahu Naga di Padang. Pada tahun 2014, Dragon Boat Padang akan kembali digelar untuk ke-13 kalinya pada Tanggal 24 Agustus mendatang untuk menyambut Hari Jadi Kota padang. Bahkan, Padang pernah mendapat penghargaan tertinggi dari Badan Dayung Dunia, atau IDF, atas penyelenggaraan event internasional ini.

Perahu Naga Padang dan Kategorinya
Di Padang sendiri, kompetisi ini mudah diselenggarakan karena sungainya memiliki sisi yang lebar serta air yang konstan dan tenang. Itulah mengapa Padang merupakan tempat yang cocok untuk kompetisi ini karena menawarkan kenyamanan namun juga terdapat tantangan untuk para pemain agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Seperti namanya, dragon boat menggunakan perahu yang dihiasi dengan ornamen berbentuk naga, warna-warni yang menarik, dan festival dan bazar makanan khas Sumatera Barat.

Dragon Boat Padang ini dibagi menjadi beberapa kategori seperti 200 meter, 250 meter, 1000 meter, dan 2000 meter. Untuk setiap tim, juga dibagi menjadi tiga kelas ada 10 pendayung, 20 pendayung, atau 30 pendayung untuk setiap tim. Kompetisi ini tentunya diharapkan akan menjadi daya tarik wisata, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara ke Sumatera Barat. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.