Tempat Wisata Rumah Bung Hatta Bukittinggi

Rumah kelahiran Bung Hatta
Rumah kelahiran Bung Hatta yang terletak di Bukittinggi sarat akan sejarah yang akan menambah khasanah pengetahuan anda tentang tonggak sejarah bangsa ini

Menguak Kesederhanaan Bung Hatta di Rumah Kelahirannya
Selain alamnya yang sangat indah, Bukittinggi adalah salah satu kota yang cukup berperan dalam sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa ini, karena pernah menjadi ibukota negara sementara. Bukan hanya itu, daerah ini juga merupakan kota kelahiran sejumlah tokoh nasional yang sangat berpengaruh. Salah satunya adalah Tan Malaka, Muhammad Nasir, bahkan tokoh proklamator RI – Bung Hatta.

Jejak Bersahaja Bung Hatta di Bukittinggi
Di kota kelahirannya, Bung Hatta tentunya meninggalkan sejumlah catatan atau jejak sejarah yang sangat penting. Jadi, jika anda berwisata ke Bukittinggi tak ada salahnya berwisata sejarah karena kota ini sarat akan sejarah sejak zaman kolonial hingga kemerdekaan. Rumah Kelahiran Bung Hatta Bukittinggi adalah salah satunya. Saat ini, rumah ini telah dijadikan sebagai sebuah museum yang menyimpan catatan perjalanan hidup Sang Proklamator.

Jika dilihat sekilas, mungkin anda tidak pernah membayangkan bahwa di rumah ini pernah tinggal seorang tokoh proklamator bangsa ini. Bagaimana tidak, rumah ini cukup sederhana; terdiri dari dua lantai; sebagian besar dindingnya terbuat dari bilah papan dan bambu. Mungkin, hanya karena sebuah papan merk sederhanalah orang akan tahu bahwa rumah tersebut adalah rumah masa kecil Bung Hatta.

Memasuki rumah ini, anda akan melihat jejak masa kecil Sang Proklamator, seperti perabotan peninggalan masa kecil Bung Hatta seperti tempat tidur, kursi, meja, tempat tidur, meja, dan beberapa peralatan dapur.. Perabotan ini diperoleh dari kerabat maupun keluarga beliau. Tak hanya itu, tata letaknya pun disesuaikan dengan tempat asalnya.

Dokumentasi keluarga
Di Rumah Kelahiran Bung Hatta Bukittinggi ini juga terpajang sejumlah foto keluarga, seperti ibunda Bung Hatta, paman beliau, mamak, dan terutama sekali, foto-foto dokumentasi Sang Proklamator. Ada juga silsilah keluarga dari garis keturunan ayah dan ibunda Bung Hatta. Tidak ketinggalan juga foto sang guru mengaji, yakni Syekh Djamil Djambek. Bahkan, layaknya putera Minangkabau lainnya, Hatta Kecil juga sering tidur di surau.

Anda penasaran untuk mengetahui jejak masa kecil Sang Proklamator secara lebih dekat? Paket wisata alam dan wisata sejarah ke Bukittinggi bersama Pelangi Holiday Travel Padang akan membawa anda menelusuri jejak masa kecil Bung Hatta yang sangat bersahaja di Rumah Kelahiran Bung Hatta Bukittinggi dan juga istana Bung Hatta. Selain wisata sejarah, anda juga akan menikmati perjalanan mengesankan dengan mengunjungi destinasi andalan lainnya, yakni Jam Gadang, Ngarai Sianok, Benteng Fort de Kock, dan lain-lain. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.