Lezatnya Durian Kayu Tanam Pariaman

Lezatnya Durian Kayu Tanam Pariaman
Selain memiliki wisata yang indah, hasil bumi dari padang pariaman juga melimpah. Yang terkenal adalah durian kayu tanam pariaman.

Lezatnya Durian Kayu Tanam Pariaman
Siapa sih yang tidak menyukai rasa daging durian yang manis dan lembut? Meskipun tidak begitu baik bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol, buah musiman ini membuat orang tidak tahan untuk mencicipnya. Bagaimana tidak, aroma harumnya yang khas akan membuat perut lapar. Di Sumatera Barat, salah satu varian durian yang terkenal kelezatannya adalah Durian Kayu Tanam Pariaman. Jika anda melewati daerah Kayutanam (di jalur Lintas Sumatera menuju Medan) pada saat musim durian, anda akan melihat jejeran penjual durian di kanan-kiri jalan.

Fenomena Kenikmatan Durian Kayu Tanam
Karena merupakan buah musiman (atau bahkan tahunan), durian biasanya tersedia sekitar bulan Mei atau Juni. Salah satu sentra produksi durian yang terkenal di Pariaman adalah Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, yang bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam dari Kota Padang ke arah Bukittinggi. Keunggulannya, tentu saja rasanya yang sangat lezat khas durian Kayu Tanam Pariaman.

Selain rasanya yang nikmat, faktor kedua yang mempengaruhi popularitas durian dari wilayah ini adalah harganya yang terjangkau. Ketika sedang musimnya, durian-durian ini tidak hanya dijajakan dipinggir jalan saja. Konsumennya hingga ke banyak kota besar yang ada di seluruh Indonesia, khususnya yang berada di pulau jawa dan Sumatera.

Sebagai contoh, untuk pengiriman ke Jakarta saja, setiap musim durian bisa terkirim hingga 30 kali melalui pesawat. Selain itu juga dikirim ke kota-kota di wilayah sekitar, untuk ke Palembang sendiri dikirim sekitar 1000 buah per hari. Ketika sedang musim, anda juga bisa menikmati durian Kayu Tanam Pariaman di kota Padang yakni di sepanjang jalan Sisingamangaraja.

Kelezatan dari balik pondok durian
Lebih unik lagi, para penjual yang berada di pinggiran jalan raya sepanjang Kayu Tanam menyediakan pondokan-pondokan kecil tempat dimana para penyuka durian bisa langsung menikmati kelezatan durian di tempat. Saat melakukan perjalanan jauh, tentunya tidak ada salahnya rehat sebentar sambil menikmati durian. Daging durian yang manis cocok dipadukan dengan ketan putih atau lemang ketan. Tidak jarang, para penjual durian juga menyediakan lemang untuk dinikmati oleh pelanggan. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.