Tari Rantak Dinamis dengan Gerakan Pencak Silat

Kesenian tari rantak dari Minangkabau Sumatera Barat
Tari rantak adalah tarian Minangkabau yang sangat dinamis, gerakan-gerakannya penuh gerakan yang terinspirasi dari pencak silat.

Tari Rantak Dari Sumatera Barat Dinamis dengan Gerakan Pencak

Siapa yang tak kenal pencak silat? Seni bela diri ini tertanam sangat kuat dalam tradisi rakyat Minangkabau Sumatera Barat hinga mengilhami salah satu gerakan seni tarian yang disebut tari rantak. Semua tarian rakyat Minangkabau sangat dinamis, namun tari rantak luar biasa dinamis dan unik untuk dilihat karena menampilkan gerakan-gerakan dinamis yang terinspirasi dari pencak silat. Malah, tarian ini lebih ‘ramai’ karena selain musik, sesekali ada suara keras saat para penari menghentakkan kaki di lantai.

Tarian rantak ini biasanya dibawakan oleh beberapa orang pria dan wanita yang mengenakan pakaian berwarna merah serta emas. Dengan kombinasi pakaian yang warnanya cerah, musik yang dinamis dan gerakan-gerakan yang kuat dan tajam plus hentakan kaki, tari rantak merupakan pemandangan yang mengagumkan untuk dilihat.


Gerakan Penuh Filosofi


Tari rantak yang dikenal orang Minangkabau saat ini ada dua macam, yaitu Rantak Kudo Pesisir Selatan yang agak lebih kuno dan tarian ciptaan Gusmati Sud yang bernama sama. Keunikan tari rantak ciptaan Gusmiati Sud ini adalah adanya jenis-jenis teknik yang menekankan pada berbagai teknik gerakan silat lengkap dengan filosofinya, yaitu:

  • Tagak-tagak (‘berdiri tegak’) yang juga melambangkan konsep merenung sebelum melakukan segala sesuatu.
  • Ukua Jo Jangko (gerakan seperti mengukur) yang bermakna melakukan segala sesuatu harus sesuai dengan kemampuan yang diukur dengan baik.
  • Pandang Kutiko (memandang) yang bermakna kemampuan untuk menafsirkan suatu peristiwa atau pelajaran dengan arif, tidak berat sebelah.
  • Garak-garik (bergerak) yang bermakna inisiatif untuk melakukan sesuatu yang baik, penuh kepekaan dan kewaspadaan.
  • Raso Pareso, yaitu tahap terakhir dimana hal ini melambangkan pikiran yang sudah menyatu dengan hati nurani.
Kesenian pencak silat dari minangkabau sumatera barat
Semua gerakan ini dimaksudkan untuk melestarikan seni pencak (aspek seni dari silat) sekaligus menunjukkan filosofi sebenarnya dari gerakan-gerakan seni pencak dan tari rantak itu sendiri dalam kesatuan gerak yang harmonis. Lepas dari itu, tarian ini adalah tarian yang dinamis dan menarik mata serta enak disimak. Tarian ini pun menjadi salah satu tarian Minangkabau Sumatera Barat paling atraktif. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.