Tari Payung- Tari Pergaulan Sumatra Barat

Tari payung bukan hanya atraktif, namun juga menunjukkan ekspresi kasih sayang dalam sebuah tarian pergaulan.

Tari payung tari pergaulan dari sumatera barat
Tari Payung, Tari Pergaulan dari Minangkabau Sumatra Barat
Setiap kebudayaan memiliki tarian pergaulan yang menggambarkan kisah cinta dan pergaulan antar pria dan wanita, tak terkecuali Sumatra Barat. Salah satu tarian pergaulan yang terkenal dari propinsi ini adalah yang disebut tari payung. Sesuai namanya, tarian ini memanfaatkan media payung hias sebagai properti, yang membuat gerakan-gerakan tarian menjadi makin menarik dan atraktif. Karena sifatnya, tentu saja tarian ini paling sering dipertunjukkan saat ada upacara pernikahan.

Gaya Tari Berpasangan Tari Payung
Di dalam tarian ini, yang membawa payung hias adalah penari prianya. Payung ini dibawa dalam gerakan menari yang atraktif sementara penari perempuannya mengiringi dengan menari menggunakan selendang. Masing-masing pasangan menari berputar dan bersebelahan dengan irama musik yang semakin lama semakin dibuat cepat, sehingga makin lama tarian terlihat makin dinamis. Musik ala melayu dengan alat-alat musik yang bervariasi semakin membuat tarian ini menarik untuk dilihat.

Musik yang dibawakan biasanya adalah lagu berjudul ‘Babendi-bendi ke Sungai Tanang.’ Musik ini sangat pas dimainkan untuk mengiringi tari pergaulan ini, karena isinya menceritakan perjalanan bulan madu sepasang suami istri. Kesan romantis pun semakin tampak dari paduan tarian dan lagu tari payung ini.

Makna di Balik Properti Tari Payung
Ada makna tersendiri di balik properti yang dibawa oleh para penari lelaki dan perempuan dalam tari payung. Selendang yang dibawa penari perempuan merupakan lambang ikatan cinta serta kesetiaan, sementara payung yang dibawa si penari lelaki adalah lambang perlindungan dalam pernikahan, dimana peran seorang suami yang baik adalah sebagai pelindung istri.

Tarian ini dulunya termasuk tarian yang memiliki pakem cukup ketat dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kostum, gerakan, posisi tangan dan berdiri para pasangan dan sebagainya. Tetapi, dengan semakin banyaknya peminat tari tradisional Indonesia, tari payung kini memiliki banyak variasi atau modifikasi modern. Tarian ini sudah banyak pula dipentaskan di luar negeri.

Akan tetapi, walau sudah banyak versi modernnya, tari payung klasik tetaplah tarian yang mempesona dan memiliki daya tarik tersendiri bagi yang menyaksikannya. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.