Serunai-Musik Pengiring Silat dan Acara Panen

Alat musik trandisonal dari Sumatera Barat
Alat musik serunai mendapat pengaruh dari India, dan kini merupakan bagian tak terpisahkan dari berbagai aktifitas masyarakat Sumatra Barat.

Alat Musik Serunai Merupakan Musik Tradisional Pengiring Silat dan Acara Panen di Sumatera Barat

Beberapa alat musik di Sumatra Barat mendapat pengaruh dari instrumen kebudayaan lain, salah satunya adalah serunai. Alat musik tiup ini memiliki kemiripan dengan alat musik tiup yang berbentuk dan bersuara serupa yang disebut shehnai, yang di India Utara kerap diasosiasikan dengan seruling milik para pemikat ular. Dengan bentuknya yang ramping, tubuhnya yang berukir indah dan suaranya yang nyaring, serunai adalah alat musik dengan bentuk dan suara yang khas serta mudah dikenali.

Bentuk dan Bahan Pembuatan Serunai
Serunai berbentuk seperti seruling yang ramping, yang ditiup dalam posisi vertikal dari ujungnya, sementara ujung yang satu lagi (tempat keluarnya suara) berbentuk agak melebar sehingga mirip seperti corong kecil. Suara yang keluar dari alat musik ini sangat khas yaitu nyaring dan melengking. Sementara itu, bagian yang digunakan untuk meniup berukuran lebih kecil dari badan seruling dan disebut puput; ukurannya mungkin sekitar 5 sentimeter.

Serunai terbuat dari bahan-bahan seperti bambu, kayu dan bahkan tanduk, sementara puputnya bisa terbuat dari bahan yang sama atau berbeda. Sementara itu, bagian corongnya yang melebar bisa terbuat dari bambu, kayu atau daun kelapa. Kadang, jika ada tanduk kerbau yang bentuknya secara alami sedikit melebar, maka tanduk itu bisa dipakai untuk corong. Diameter corong sekitar 10 sentimeter. Serunai memiliki 4 lubang jari, dan iramanya mengikuti aturan nada pentatonis yang dimulai dari do dan berakhir dengan sol. Karena itu, irama dan bunyinya sangat khas.

Kapan Memainkan Serunai?
Serunai biasanya dimainkan saat upacara adat, namun kadang alat musik ini juga dimainkan untuk mengiringi acara panen raya. Banyak juga orang yang suka membawa instrumen ini ke tengah sawah dan memainkannya di sela-sela waktu bekerja, menimbulkan pemandangan dan suara yang khas.

Salah satu penggunaan paling populer dan khas dari Serunai adalah untuk mengiringi peragaan dan pertandingan pencak silat Minangkabau. Iringan tiupan serunai yang mengiringi para pesilat bertanding atau memperagakan jurus-jurus silat menjadi pemandangan yang mengagumkan dan mengesankan.by Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.