Rabab Alat Musik untuk Mendongeng

Alat musik tradisional dari Minangkabau Sumatera Barat
Rabab adalah alat musik unik yang digunakan bukan hanya untuk bermusik namun juga untuk menuturkan cerita.

Rabab dari Minangkabau Sumatera Barat- Alat Musik untuk Mendongeng
Kebudayaan Minangkabau kaya akan seni bertutur, termasuk yang disebut cerita nagari atau cerita rakyat. Dalam penyampaiannya, cerita ini biasanya diiringi dengan iringan alat musik yang berfungsi sebagai lagu ‘tema’ sekaligus memberikan nuansa tertentu pada cerita yang disampaikan. Rabab merupakan alat musik yang digunakan untuk mengiringi cerita tersebut, dimana alat musik ini digesek sembari cerita dituturkan.

Rabab biasanya dibuat dari tempurung kelapa yang dipasangi pegangan dan senar serta dimainkan dengan cara digesek. Suaranya khas; tinggi dan melengking sehingga menimbulkan kesan melankolis serta pilu, walaupun tidak semua jenis cerita yang disampaikan dengan gaya cerita nagari bernuansa sedih atau tragis.

Pengaruh Portugis dalam Rabab
Rabab memiliki ciri khas yang berbeda-beda tergantung wilayah asal alat musik tersebut. Ada beberapa jenis rabab di wilayah Sumatra Barat dimana masing-masing digunakan untuk bentuk seni yang memiliki ciri khas sesuai daerah tersebut seperti rabab pasisie, piaman dan darek. Uniknya lagi, rabab pasisie memiliki bentuk yang agak mirip biola Eropa; hal ini bisa jadi karena adanya pengaruh biola yang diperkenalkan bangsa Portugis.

Bangsa Portugis masuk ke Nusantara lewat pesisir sebelah barat Sumatra pada abad ke-16, sehingga wajar jika ada pengaruh yang masuk ke budaya lokal, termasuk biola yang mereka bawa. Hal ini memberikan ciri khas tersendiri pada rabab.

Rabab dan Kesenian Lokal
Tidak ada cara yang sangat baku dalam hal memainkan rabab; hal ini karena masing-masing pemain rabab memiliki cara tersendiri dalam hal menyampaikan cerita nagari yang mereka sebut dengan kaba. Hal ini karena masing-masing penceritaan biasanya memiliki semacam lagu ‘tema’ pokok yang mengiringi cerita dari awal sampai akhir. Akibatnya, Anda bisa mendengar irama yang berbeda-beda dari pencerita yang juga berbeda.

Kesenian yang menggunakan rabab ini sekarang biasa ditampilkan di pesta atau perayaan khas Sumatra Barat, namun kesenian ini sayangnya sudah sangat langka dan jarang ada orang yang bisa memainkannya. Bahkan kini, tidak semua acara pernikahan adat Sumatra Barat menghadirkan pertunjukan rabab khas ini. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.