Nasi Kapau Uni Lis Pasar Lereng Bukittinggi

Nasi Kapau Uni Lis Pasar Lereng Bukittinggi
Salah satu tujuan wisata di bukittinggi adalah jam gadang. Untuk makan siang yang tidak jauh dari jam gadang, wisatawan harus mencoba Nasi kapau uni lis pasar lereng bukittinggi.

Nasi Kapau Uni Lis Pasar Lereng Bukittinggi
Jam Gadang merupakan salah satu ikon kota Bukittinggi. Aksesnya yang dekat dengan berbagai tujuan wisata di sekitar Kota Bukittinggi membuatnya selalu ramai pengunjung. Di sektor kuliner, Bukittinggi terkenal dengan Nasi Kapau, seperti  Nasi Kapau Uni Lis Pasar Lereng Bukittinggi, sebuah tempat makan nasi kapau yang citarasanya terjaga semenjak tahun 1970an. Sebenarnya, lebih tua lagi, sebab, keluarga besar Uni Lis, sudah berjualan semenjak sebelum tahun 1970an, dengan cara menggunakan payung dan emperan, atau singkatnya kaki lima.

Yang Khas di Pasar Lereng Bukittinggi
Pasar Lereng masih merupakan bagian dari Pasar Atas Bukittinggi, atau lebih tepatnya penghubung antara Pasar Atas dengan Pasar Bawah. Seperti namanya, Pasar Lereng memang berada di daerah dengan lansekap yang lereng. Selain lokasinya, pasar lereng juga memiliki keunikan. Pasar ini adalah pusat penjualan aneka produk fashion bekas mulai dari baju, sepatu, dan tas. Namun, di sini juga terda[at aneka macam oleh-oleh seperti kerupuk dan warung-warung nasi kapau.

Nasi Kapau adalah masakan khas Nagari Kapau yang berada tidak jauh dari Kota Bukittinggi. Meski umumnya berada di pusat Kota Bukittinggi, rumah makan Nasi Kapau biasanya mempekerjakan juru masak langsung dari Nagari Kapau, sehingga rasa khasnya tetap bisa dipertahankan karena diolah dari tangan dingin orang Kapau. Salah satunya adalah Nasi Kapau Uni Lis Pasar Lereng Bukittinggi.

Racikan Khas Nasi Kapau Uni Lis
Gulai Kapau sendiri terbuat dari campuran nangka muda, kol, dan kacang panjang, namun diberi tambahan bumbu khas yang membuatnya dinilai lebih nikmat dari masakan Padang umumnya. Lauk pelengkapnya bervariasi, mulai dari gulai tunjang, gulai tambusu, gulai cancang, pangek ikan, gulai ikan, gulai ayam, dendeng, rendang ayam, ayam balado sambal hijau, dan lain sebagainya. Menurut cerita penduduk setempat, hanya penduduk asli Nagari Kapau yang bisa menghasilkan kuliner nikmat seenak Nasi Kapau.

Namun, yang membedakan Nasi Kapau Uni Lis Pasar Lereng Bukittinggi ini adalah pada racikan dari bumbu-bumbunya. Di kedai ini, tersedia Nasi Kapau beserta beragam lauk pelengkapnya. Uniknya lagi, saat menikmati Nasi Kapau Uni Lis ini, apapun lauknya harga yang ditawarkan hampir sama. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.