Industri Kiniko Tabek Patah-Batusangkar

Industri Kiniko Tabek Patah-Batusangkar Sumatera Barat
Selain berkunjung ke istana pagaruyung. Wisatawan juga bisa menikmati kopi di home industri kiniko Tabek Patah-Batusangkar.

Mengintip Home Industry Kiniko Tabek Patah
Batusangkar adalah kawasan sentra Pariwisata Budaya di Propinsi Sumatera Barat, karena dari daerah inilah nenek moyang etnis Minangkabau berasal. Ada beberapa objek wisata yang cukup terkenal di daerah ini, dan yang paling utama adalah Istano Basa Pagaruyung. Aslinya istana ini bernama Istano Basa. Istana ini adalah replika dari yang asli, yang telah terbakar habis pada kerusuhan tahun 1804. Kemudian kembali terbakar pada tahun 1966.

Kawasan Home Industry Kiniko
Namun, Batusangkar juga memiliki sentra home industry yang unik, yakni home industry Kiniko Tabek Patah-Batusangkar. Daerah ini merupakan kawasan industri rumahan yang memiliki banyak macam usaha, mulai dari kerajinan hingga kuliner. Kawasan home industry ini berada di daerah Tabek Patah, sebuah daerah dengan pemandangan alam yang indah dan kawasan pertanian yang subur. Dengan berkunjung ke Tabek Patah, wisatawan akan terpukau dengan keindahan alamnya dan akan terkesan dengan produk kerajinan dan kuliner di daerah ini.

Awalnya, Kiniko adalah sebuah badan usaha yang dikelola pribadi, namun karena bekerja sama dengan para pemilik home industry di sekitarnya, maka terbentuklah suatu kawasan industri rumahan. Beberapa produk unggulan yang dihasilkan di home industry Kiniko Tabek Patah-Batusangkar adalah: kopi bubuk Kiniko, ekstrak pinang, pisang sale, pisang goreng sale, dodol papaya, kopi jahe, dodol sirsak, dan beberapa produk olahan makanan lainnya yang berlabel “kiniko.”

Mencicipi Kopi Kiniko
Di Batusangkar, kopi telah menjadi minuman khas masyarakat pegunungan sejak puluhan tahun silam. Hangatnya kopi tentunya menjadi teman di kala cuaca dingin. Kopi yang dihasilkan disini bukanlah hasil olahan pabrik canggih, melainkan hasil olahan rumahan alias UMKM. Rasanya tentu berbeda dengan kopi hasil “ciptaan” dari pabrikan besar, dan cita rasa orisinilnya sangat terasa. Kopi ini sendiri telah ada sejak tahun 1981.

Kopi kiniko diolah dari biji kopi Robusta melalui tangan-tangan dingin para karyawan yang memang sudah berpengalaman dalam “menangani” biji kopi. Ditempat ini, para pengunjung bisa melihat sendiri bagaimana proses pengolahan biji kopi, dari awal hingga tersedia di cangkir para pengunjung dan siap untuk dinikmati. Masih dari lokasi home industry Kiniko Tabek Patah-Batusangkar ini pengunjung bisa menikmati kopi langsung ditempat yang sudah disediakan untuk menikmati kopi panas yang nikmat, dan bercitarasa lokal yang sangat tinggi. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.