Tari Pasambahan Tari Angun dari Sumatera Barat

Tari pasambahan adalah tarian yang anggun dan ditujukan untuk menyambut tamu kehormatan dengan gerakan-gerakan gemulai.

Tari Pasambahan, Tarian Elok untuk Menyambut Tamu

Menyambut tamu dengan baik merupakan bagian dari tiap kebudayaan, termasuk kebudayaan Minang. Tari pasambahan merupakan tarian yang ditujukan untuk menunjukkan rasa hormat terhadap tamu kehormatan yang baru datang. Menunjukkan rasa hormat kepada tamu adalah budaya yang harus dipertahankan, dan tarian ini merupakan perwujudan ideal dari keramahan dalam hal mengambut tamu.

Rincian Tari Pasambahan

Tari pasambahan merupakan tarian anggun yang kerapkali ditarikan oleh kaum wanita. Tarian anggun ini dilakukan di suatu lokasi acara khusus atau pesta pernikahan, dengan tarian yang dilakukan pada saat tamu istimewa mulai memasuki ruangan atau tempat acara dilaksanakan. Ketika tamu ini masuk, penari juga kemudian akan membawa payung kebesaran dan memayungi si tamu sampai ke tempat duduknya sebagai rasa hormat.

Dalam tarian ini, para penari juga membagikan daun sirih dalam kotak kepada para tamu sebagai rasa hormat. Jika dilakukan dalam upacara pernikahan, maka tarian ini berubah fungsi menjadi tarian penyambutan terhadap mempelai pria dan keluarganya, pada saat mereka datang ke rumah si mempelai wanita.

Tari pasambahan adalah tarian yang menyenangkan untuk dilihat, dengan para penari yang berpakaian warna-warni dan mengenakan aksesoris serta hiasan kepala yang sangat terperinci. Karena merupakan tarian untuk menyambut tamu istimewa, wajar jika para penarinya pun terlihat sangat istimewa dengan kostum yang cukup menyolok.

Tari Pasambahan Kini

Tari pasambahan dulu merupakan tarian yang eksklusif sebagai tari penyambutan. Akan tetapi, kini fungsinya sudah bergeser; tidak hanya untuk memberikan sambutan selamat datang bagi para tamu, namun juga dijadikan sebagai pertunjukan yang diapresiasi karena aspek seni dan budayanya itu, dan tidak harus dijadikan sarana untuk menyambut tamu lagi. Jadi, tari pasambahan kini sudah mengalami pergeseran fungsi.

Lepas dari hal tersebut, tari pasambahan termasuk tarian yang masih cukup banyak ditemukan di Sumatra Barat, apalagi karena tarian ini sering ditarikan dalam kesempatan umum atau resmi dimana akan ada tamu penting untuk disambut. Oleh karena itu, tari pasambahan merupakan salah satu jenis tarian yang banyak diapresiasi dan dihargai masyarakat Sumatra Barat. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.