Talempong Kuningan-Alat Musik Dari Sumatera Barat Penyambut Tamu Istimewa

Talempong Alat Musik Tradisional Dari Sumatera Barat
Talempong Alat Musik Tradisional Dari Sumatera Barat
Tiap budaya punya alat musik untuk menyambut tamu istimewa, talempong dari Sumatra Barat adalah salah satunya.

Talempong, Alat Musik untuk Penyambutan Tamu Istimewa 
Jika Anda menjadi tamu istimewa dalam sebuah acara yang diadakan dengan cara tradisional, atau masuk ke acara pernikahan khas Sumatra Barat, Anda mungkin akan mendengar suara indah mirip bonang (alat musik pukul dari set gamelan) yang dimainkan. Talempong adalah alat musik tradisional yang menghasilkan suara tersebut. Suaranya yang dalam, menggema dan merdu membuatnya cocok sebagai alat musik di acara penyambutan.

Bentuk Dan Jenis Talempong Musik Dari Sumatera Barat
Bentuk Dan Jenis Talempong Musik Dari Sumatera Barat
Ukuran dan Bentuk Talempong
Jika Anda pernah melihat instrumen bonang pada set gamelan Jawa, maka seperti itulah bentuk talempong. Bahan untuk membuat talempong bermacam-macam; ada yang sederhana seperti batu atau kayu, namun saat ini yang paling banyak ditemukan dan dimainkan di berbagai acara adalah talempong kuningan.

Talempong terdiri dari beberapa gong kecil berdiameter 15 hingga 17 sentimeter yang dideretkan pada sebuah rangka kayu. Bagian bawah talempong berlubang sehingga menimbulkan kesan suara seperti bergema jika dipukul dengan pemukul kayu. Ini membuat suara yang dihasilkan sangat dalam, bergaung dan memberi kesan yang berbeda pada rangkaian musik yang dimainkan.

Cara memainkannya adalah dengan memukulkan pemukul ke tonjolan berbentuk lingkaran yang ada di bagian atas gong talempong tersebut. Gong yang ukurannya berlainan akan membentuk nada yang berlainan pula. Rangkaian nada talempong dimulai dengan nada pertama (do) dan diakhiri dengan nada ketujuh (si).

Penggunaan Talempong
Talempong adalah alat musik yang istimewa, karena kerap dimainkan untuk menyambut tamu istimewa di berbagai acara atau pesta yang menggunakan musik tradisional Minangkabau. Selain itu, alat musik ini juga dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional seperti Tari Piring dan Galombang. Keistimewaan suaranya biasa disandingkan dengan alat musik lain seperti akordeon, seruling panjang yang disebut saluang, gandang dan alat musik gesek sarunai.

Talempong di Malaysia
Tahukah Anda bahwa talempong ternyata juga ada di Malaysia? Talempong versi Malaysia ini disebut caklempong dan penampilan, suara serta penggunaannya juga mirip. Hal ini merupakan bukti kedatangan orang-orang Minangkabau ke Negeri Jiran tersebut pada sekitar abad ke-15. Hal ini pun semakin menambah keistimewaan talempong. By Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.