Sekilas Perak dari Koto Gadang Sofenir Kerajinan Yang Terus di Buru Wisatawan

Miniatur Rumah Gadang
Kerajinan perak dari Koto Gadang Agam Sumatera Barat memiliki keindahan dan kehalusan yang tak kalah dari kerajinan perak kota lain di Indonesia.

Kerajinan Perak dari Koto Gadang Agam Sumatera Barat

Jika membayangkan kota yang terkenal dengan kerajinan peraknya, Anda mungkin membayangkan Kotagede di Yogyakarta. Akan tetapi, kerajinan perak dari Koto Gadang Agam tak kalah indah dan terkenalnya dibandingkan dengan kerajinan perak Kotagede. Koto Gadang merupakan pusat seni yang terkenal terutama seni kain songket dan tentu saja perak, sehingga namanya pun menjulang sebagai sentra seni kerajinan perak di Sumatra Barat.
Walaupun ada istilah ‘koto,’ sebenarnya Koto Gadang adalah sebuah kenagarian setingkat desa yang memang berada di Kabupaten Agam. Kenagarian ini memang terkenal sebagai tempat asal para tokoh seni dan sastra salah satunya Agus Salim , sehingga tak heran jika kenagarian ini menjadi pusat seni dan kerajinan.

Awal Kerajinan Perak Koto Gadang Anam

Cincin perak koto gadang
Cincin Perak
Kerajinan perak dari Koto Gadang Agam sudah terkenal sejak jaman Belanda, dimana hasilnya diminati tidak hanya oleh kaum lokal namun juga pendatang dan bahkan oleh orang Belanda. Kerajinan perak seperti patung dan replika sering dipesan untuk hiasan rumah, sedangkan yang berupa perhiasan sering dipesan oleh wanita Belanda dan di era 90an hingga sekarang mulai di lirik pelancongan dari malaysia.

Karena sering dipesan oleh orang Belanda baik untuk dipakai sendiri maupun dijadikan hadiah, lama-kelamaan reputasi kerajinan perak dari Koto Gadana Agam meningkat sehingga dikenal di luar negeri bahkan sampai ke Eropa. Sejak tahun 1911, kerajinan perak di Koto Gadang Agam mulai mendapat nama di luar negeri.

Ciri Khas Kerajinan Perak Koto Gadang
 
Kerajinan perak dari Koto Gadang Agam memiliki ciri khas tersendiri dari segi tampilannya. Jika dilihat dari dekat, penampilannya tak begitu berkilau namun memiliki kesan yang sangat halus, dengan warna mirip susu. Kesan keseluruhannya menjadi elegan, anggun namun tak menyolok mata. Karena kehalusan pembuatannya, kerajinan perak ini cocok jika dipadukan dengan songket pandai sikek yang juga terkenal akan kehalusan bahan dan desainnya.

Sifat halus dan anggun kerajinan perak ini termasuk yang memikat pembeli dari Eropa, terutama Eropa Barat yang memang menggemari kerajinan dengan desain anggun dan halus yang juga nampak dalam seni kerajinan mereka. Kini, kerajinan perak dari Koto Gadang Agam juga masih terus diburu oleh wisatawan dan kolektor. by Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.