Mengenal Jenis Alat Musik Dari Sumatera Barat Seni dan Budaya

Alat Musik Sumatera Barat
Alat Musik dari Sumatera Barat
Kebudayaan Sumatra Barat sangat kaya akan berbagai instrumen musiknya. berikut adalah berbagai jenis alat musik di Sumatra Barat

Mengenal Berbagai Macam Jenis  Alat Musik Dari Sumatra Barat
Kebudayaan Minangkabau di Sumatera Barat tidak bisa dipisahkan dari seni musik; musik mengiringi berbagai hal mulai dari aktifitas menanam padi, pertandingan pencak silat hingga perayaan besar-besaran seperti pernikahan dan perayaan Tambuik. Jenis alat musik di Sumatra Barat pun beragam dan memiliki beragam bentuk serta metode untuk memainkannya. 

Berikut adalah berbagai jenis alat musik di Sumatra Barat yang menjadi bagian tak terpisahkan dari adat istiadat masyarakatnya. 

Talempong 
Talempong merupakan alat musik pukul bermelodi yang mirip bonang di set gamelan jawa. Talempong biasanya terbuat dari kuningan dan sering dimainkan saat upacara adat atau ketika menyambut tamu istimewa di acara adat.

Bansi 
Ini adalah seruling pendek dengan 7 lubang khas Minang yang kerap mengiringi baik lagu-lagu tradisional maupun modern. Bansi sering dipelajari oleh mereka yang baru ingin belajar bermain seruling karena memainkannya cukup mudah 

Saluang 
Saluang adalah seruling khas Minang yang berbentuk panjang dengan hanya 4 lubang, dan memiliki cara meniup yang unik yaitu meniup sambil tetap menarik dan menghembuskan napas sehingga pemain yang ahli bisa bermain tanpa berhenti.

Gendang Tabuik 
Ini adalah satu set gendang yang memiliki dua sisi untuk ditabuh, dan merupakan jenis laat musik di Sumatra Barat yang biasa dimainkan selama perayaan hari kematian Husein bin Ali, Oyak Tabuik.

Serunai 
Ini adalah seruling berujung corong yang banyak mendapat pengaruh dari shehnai, seruling India bersuara melengking, dan sering dimainkan saat menanam padi, upacara panen, atau bahkan mengiringi pertandingan silat. 

Pupuik Tanduak 
Ini adalah instrumen unik dari tanduk kerbau yang hanya memiliki satu nada, dan dulunya digunakan dalam konteks sosial sebagai alat untuk mengumpulkan atau memberi isyarat pada warga.

Rabab 
Ini adalah sejenis alat musik gesek yang biasa digunakan untuk mengiringi tradisi cerita yang disebut cerita nagari, dimana bunyi alat musik ini digunakan untuk memberikan suasana pada jalan cerita yang disampaikan. 

Tambua 
Ini adalah satu set tambur berukuran besar dari kayu dan kulit kambing, yang biasanya ditabuh oleh sekelompok pemuda (biasanya ada 6 orang) dan biasanya dimainkan saat ada perayaan atau acara adat.

Pupuik Batang Padi 
Ini adalah instrumen yang sangat sederhana dan terbuat dari batang padi tua, dan biasanya tidak memiliki lubang-lubang kecil untuk mengatur nada seperti seruling. Suaranya yang nyaring melengking menjadi pengiring wajib untuk mengiringi berbagai upacara adat termasuk upacara panen. 

Talempong Batu Talang Anau 
Sumatra Barat memang terkenal sebagai salah satu kebudayaan yang jelas bisa membuat para wisatawan baik luar negeri atau manca Negara dan juga wisatawan domestik akan tertarik untuk mengunjungi propinsi Sumatra Barat. Salah satu seni kebudayaan dan juga obyek wisata yang menarik untuk dinikmati Talempong Batu Talang Anau di Payakumbuh. Talempong merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan logam kuningan yang berbentuk seperti sebuah gong. Alat musik tradisional tersebut digunakan untuk mengiringi para penari dan juga kesenian randai dan juga mengarak pengantin. 

Kekayaan berbagai jenis alat musik di Sumatra Barat ini tentu saja merupakan hal yang harus kita jaga dan lestarikan, sebagai warisan budaya untuk anak cucu kita. Artikel by. Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.