Sate Siram Kuah Danguang Danguang Payakumbuh

Sate Danguang Danguang Payakumbuh adalah hidangan khas yang harus dicoba jika Anda suka sate yang unik dan tidak biasa, yaitu disiram dengan kuah kuning yang gurih.

Anda mungkin sudah mengenal sate padang, dengan pengolahannya yang khas yaitu disiram bumbu berwarna kemerahan yang gurih, sedikit pedas serta berasa tajam. Sate Danguang-danguang Payakumbuh adalah salah satu sate khas Sumatra Barat yang bentuknya berbeda dengan sate padang yang biasa Anda makan. Walau sama-sama menggunakan daging sapi dan sama-sama disiram kuah, sate Danguang Danguang sedikit berbeda dari sate padang biasanya.

Perbedaan Sate Padang dan Danguang Danguang Payakumbuh

Sate padang dan Sate Danguang-danguang Payakumbuh sama-sama terbuat dari daging serta jeroan sapi, dan sama-sama dipanggang di atas bara dari tempurung kelapa serta dipanggang sambil diolesi minyak dari bawang goreng plus lemak cair sehingga rasanya gurih serta punya wangi khas. Akan tetapi, bumbu yang digunakan untuk menyiram sate yang berbeda.

Jika sate Padang biasa bumbu siramnya berwarna merah serta kental dan rasanya cukup tajam, Sate Danguang-danguang Payakumbuh bumbunya lebih ke kuning dengan komposisi bumbu yang sedikit berbeda. Sate Padang menggunakan banyak rempah tajam seperti cabai, daun jeruk purut dan bawang merah, namun sate Danguang Danguang lebih banyak menggunakan rempah berasa segar seperti ketumbar, lengkuas dan jahe.
Hasilnya? Selain rasanya lebih ringan dan tidak se’berat’ sate Padang, sate Danguang Danguang juga berkesan agak manis. Hal ini karena bumbunya dicampur sedikit gula aren. Selain itu, ada campuran santan dalam kuah sate Danguang Danguang sehingga membuatnya benar-benar berbeda dengan sate Padang biasanya, dan sangat khas Payakumbuh.

Harga Sate Danguang Danguang

Sate yang super empuk dengan bumbu tak terlalu pedas ini biasanya dijual dalam porsi berjumlah 17 tusuk, berisi daging sapi yang cukup besar plus bumbu melimpah. Sebagai pengiringnya adalah ketupat yang empuk dan pulen. Rata-rata seporsi sate plus ketupat ini dihargai 19 ribu hingga 20 ribu rupiah. Sate ini sangat mudah didapatkan di Payakumbuh, dijajakan mulai dari penjual di pinggir jalan, kedai sederhana hingga restoran. Asal menyebut nama sate Danguang Danguang di Payakumbuh, orang akan menunjukkan tempat Anda bisa membelinya.
Jadi, jangan lupa mencoba seporsi Sate Danguang-danguang saat berkunjung ke Payakumbuh. By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.