Bunga Langka Rafflesia-Objek Wisata Pasaman

Salah satu tempat untuk menyaksikan bunga langka rafflesia adalah di Taman rafflesia/bunga bangkai Pasaman.

Menyaksikan padma langka di Taman bunga bangkai Pasaman

Rafflesia arnoldi adalah salah satu bunga dari tiga bunga lainnya yang telah dinobatkan sebagai bunga nasional Indonesia dengan gelar puspa langka, mendampingi bunga anggrek bulan sebagai puspa pesona, dan bunga melati putih sebagai puspa bangsa. Bunga yang diberi nama sama dengan gubernur jenderal Inggris yang berkedudukan di Indonesia ini memang sangat langka dan tengah terancam keberadaannya. Untuk menyaksikan bunga raksasa ini secara langsung, Anda dapat mengunjungi Taman rafflesia/bunga bangkai Pasaman di Sumatera Barat.

Taman Rafflesia Objek Wisata Pasaman

Di pusat konservasi yang luasnya 3,4 hektar ini, perlindungan terhadap bunga Rafflesia menjadi prioritas utama dari para peneliti tanaman di cagar alam ini. Bunga raksasa ini hanya mekar satu kali dalam setahun, yaitu pada musim hujan di bulan November dan mahkota bunganya hanya berumur sekitar satu minggu. Diameter bunga parasit ini dapat mencapai diameter 1,5 meter ketika sedang mekar, sehingga tidak mengherankan jika selain dijuluki dengan puspa langka, bunga ini juga sering disebut sebagai padma raksasa. 

Taman rafflesia/bunga bangkai Pasaman ini selain menjadi pusat penelitian dan konservasi bunga menakjubkan ini, juga memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk melihat dengan mata kepala sendiri bentuk bunga ini ketika sedang mekar. Hal ini akan menumbuhkan kesadaran bahwa tanah air kita memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa dan dengan sendirinya akan timbul rasa cinta dan bangga akan negeri ini.

Belum dapat dibudidayakan

Hingga saat ini para ilmuan belum menemukan metode untuk mengembangbiakkan bunga langka yang hanya dapat tumbuh di hutan-hutan pulau Sumatera ini. Usaha untuk menyelamatkan habitat bunga raksasa tersebut tentu menjadi hal yang sangat mendesak mengingat bahwa bunga ini telah menjadi bunga nasional yang merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia. Kerusakan hutan dan pencemaran lingkungan disebut-sebut sebagai salah satu penyebab semakin sulitnya bunga ini untuk berkembang biak di habitatnya.

Para ilmuan mengatakan bahwa kesulitan budidaya tanaman ini karena terdapat ciri biologis khusus yang belum dapat diketahui. Sebagaimana yang kita ketahui, bunga raksasa ini adalah tumbuhan parasit yang inangnya adalah pohon Liana. Akibat pembukaan hutan untuk dijadikan ladang, dan penebangan hutan secara liar, pohon Liana semakin hari semakin berkurang jumlahnya, sehingga tidak ada tempat hidup lagi bagi bunga langka ini. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama dan kesadaran semua pihak demi keberadaan bunga rafflesia. Sementara itu, Anda dapat menyaksikan bunga nasional ini di Taman rafflesia/bunga bangkai Pasaman Sumatera Barat. By.Rusdi Chaprian 

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.