Sekilas Cagar Alam Lembah Anai

Cagar alam Lembah Anai adalah salah satu ikon pariwisata di propinsi Sumatera Barat yang memiliki keistimewaan dari obyek wisata tersebut.

Menikmati kesejukan air terjun Lembah Anai

Sebagai salah satu negara yang dinobatkan memiliki kecantikan alam terbaik, tentu banyak sekali pemandangan alam di tanah air yang akan membuat kita terpesona, salah satunya adalah obyek wisata alam Lembah Anai yang terletak di hutan hujan tropis yang berada di antara kota Padang dan Bukittinggi Sumatera Barat, tepatnya di kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar Padang panjang. Sudah sejak jaman pendudukan pemerintah Hindia Belanda, Lembah Anai ini ditetapkan sebagai cagar alam atau konservasi alam

Cagar Alam Lembah Anai

Selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, di obyek wisata alam ini terdapat berbagai jenis tumbuhan langka termasuk bunga bangkai yang memiliki nama latin amorphyphalus titanum. Sedangkan berbagai hewan dilindungi yang menjadikan cagar alam ini sebagai habitatnya adalah harimau Sumatera,  beberapa jenis monyet, burung elang, trenggiling, tapir, biawak, hingga beberapa jenis kupu-kupu. Bila beruntung, para pengguna jalan raya yang melintas bisa menyaksikan monyet-monyet yang mencari buah-buahan di pepohonan yang tumbuh di dekat jalan raya.

Air terjun Lembah Anai

Kecantikan alam yang berada di obyek wisata ini adalah sebuah telaga yang airnya jernih dan berwarna kebiruan dan tiga air terjun yang masih asli. Air terjun yang paling mudah dijangkau karena letaknya berada di tepi jalan raya adalah air terjun Lembah Anai, sementara dua air terjun lainnya berada di tengah hutan lebat.  Sumber air terjun dengan ketinggian 50 meter ini berasal dari mata air Gunung Singgalang dan akan semakin tampak keindahannya saat disinari matahari karena permukaan dasar lembah akan terlihat berkilauan.

Akses menuju lokasi

Tidak terlalu sulit untuk mencapai obyek wisata cagar alam ini dari Bandar Udara Ketaping Padang. Dengan kendaraan pribadi, Anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 ½ jam saja untuk tiba di lokasi. Tanpa kendaraan pribadi, Anda masih dapat mencapai tempat wisata ini dengan kendaraan umum bus atau kereta api wisata. Liburan mendatang ajaklah buah hati Anda mengunjungi obyek wisata alam Lembah Anai untuk membangkitkan kebanggaan mereka sebagai putera Indonesia dan memperdalam kecintaan mereka akan tanah air kita. By.Rusdi Chaprian

GALERI PHOTO

GALERI PHOTO KONSUMEN KAMI
 
Copyright © 2015 - 2017 Pelangi Holiday Travel Services. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.